Opening Ceremony Road To FESyar (Festival Ekonomi Syariah) di Kabupaten Labuhan Batu 2023

Bagikan :

SUMUT – Kliktodaynews.com|| Dalam rangka mendorong akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah BI Perwakilan Pematang Siantar mengadakan acara Road to Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) di Kabupaten Labuhanbatu. Dilaksanakan 24-25 Juni 2023 bertempat di Masjid Raya Al-Ikhlas, Rantauprapat, Labuhanbatu.

Acara Road to FeSyar ini sendiri merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan untuk mendukung penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Sumatera 2023, yang akan diadakan di bulan Juli 2023 di kota Medan.

Kegiatan Festival Ekonomi Syariah 2023 mengambil tema “Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah melalui Dukungan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera yang Inklusif”. Tema ini sejalan dengan tantangan dan potensi yang dihadapi saat ini, dimana keberadaan ekonomi keuangan syariah yang dibutuhkan masyarakat terus berkembang membutuhkan sinergi dan inovasi melalui digitalisasi sistem dan proses bisnis yang ada.

Terdapat berbagai kegiatan menarik pada Road to FESyar 2023, diantaranya Lomba Dakwah dan MTQ antar pesantren di 8 wilayah kerja KPwBI Pematang Siantar (Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labura, Labuhananbatu, dan Labuhanbatu Selatan). Turut dilaksanan Edukasi dan Sosialisasi mengenai Ekonomi Syariah dan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, serta pameran produk UMKM unggulan terdiri produk makanan, minuman dan wastra.

Terkait realisasi penyaluran pembiayaan syariah di wilayah kerja, BI Pematang Siantar sampai dengan Mei 2023 telah mencapai angka Rp.2,6T atau meningkat 18% dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp2,2 T. Sedangkan penghimpunan dana syariah pada Mei 2023 mencapai Rp1,3 triliun, agak sedikit lebih rendah dibandingkan 2021 yang mencapai Rp.1,8 triliun.

Berbagai penyaluran pembiayaan syariah per Mei 2023 jika dibandingkan terhadap total kredit dan penyaluran konvensional mencapai 5,9%, sedangkan rasio penghimpunan dana syariah terhadap total total penghimpunan dana konvensional dan syariah mencapai 3,6%. Dengan angka tersebut, terlihat adanya potensi pembiayaan ekonomi syariah yang masih cukup luas yang membutuhkan dukungan dan dorongan serta sosialisasi sehingga manfaat dan perannya akan semakin terus meningkat dan berkembang.

Berangkat dari kondisi serta semangat dimaksud, pelaksanaan kegiatan Road to FESyar ini menjadi cukup relevan sebagai bagian ikhtiar mensosialisasikan dan mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah, dan menjawab tantangan terkait inklusi ekonomi dan keuangan syariah di wilayah kerja BI Pematang Siantar khususnya di wilayah Labuhanbatu. Ekonomi syariah tidak sebatas dipahami dari sisi perbankan syariah tapi sangat luas mencakup kegiatan usaha ekonomi lainnya yang berlandaskan prinsip syariah. Kegiatan ini juga sebegai sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Masih dalam rangka rangkaian Road to Fesyar, Bank Indonesia Pematang Siantar juga aktif memberikan dukungan pengembangan ekonomi, diantaranya memberikan pendampingan UMKM untuk penerbitan sertifikasi halal. Sejak 2022 telah dilakukan pendampingan penerbitkan 20 sertifikat halal kepada pelaku UMKM. Selain itu juga dilakukan pemberdayaan usaha kepada 11 pesantren (dua diantaranya ada di Labuhanbatu), delapan diantaranya telah lolos mengikuti Pameran pada Industri Karya Kreatif Syariah (IKRA).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar – Muqorobin mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders dan undangan yang berkenan hadir, kiranya sinergi dan kerjasama yang telah diupayakan selama ini dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dapat terus berkembang dan berlanjut. Hal ini senada dengan sambutan yang disampaikan Bupati Labuhanbatu-dr H.Erik Adtrada Ritonga.

Turut hadir pada acara seremonial dimaksud :
•Wakil Bupati Labuhanbatu
•Dandim 0209 LB, Bpk. Letkol Inf. Muhammad Faizal Rangkuti,
•Kapolres Labuhanbatu, Bpk. AKBP James Hasudungan Hutajulu,
•Ketua Dekranasda Labuhanbatu
•Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Labuhanbatu
•Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Labuhanbatu,
•Kepala Kantor Agama atau yang mewakili,
•Ketua MUI Rantauprapat,
•Ketua Badan Kenaziran Masjid Al-Ikhlas, Perbankan wilayah
• Serta para tamu undangan dari Pesantren, Penggiat UMKM, dan masyarakat umum.

Humas BI Pematang Siantar

Bagikan :