Keren !! Penelitian Mahasiswa UHKBPNP Diterbitkan di Jurnal Obsesi (Sinta2)

Bagikan :

PEMATANGSIANTAR – Kliktodaynews.com|| Sivitas akademika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) berkomitmen melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Kolaborasi melakukan penelitian bersama antar mahasiswa dan dosen merupakan salah satu bentuk komitmen.

Mahasiswa UHKBPNP yang mewakili beberapa program studi belum lama ini melakukan penelitian di SD Negeri 173606 Pangururan, Kabupaten Samosir tentang penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas 2 SD. “Ihwal penelitian saat kami mengikuti mata kuliah penelitian tindakan kelas (PTK),” ujar Kevin William Andri Siahaan, salah seorang peneliti, Sabtu, 11 September 2021.

Kevin, mahasiswa prodi Kimia, tak seorang diri melakukan penelitian. Ia bersama rekannya dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2018 yaitu; Bambang W Pangaribuan, Eduard F Sidabutar, Johan R Matondang, Diana Falentina Simamora, Veria Tika Sihombing. Atas motivasi Dr.  Natalina Purba, S.Sos, M.Pd, dosen pembinging, penelitian tersebut dilakukan pada bulan Mei 2021 yang lalu selama kurang lebih dua pekan.

Selanjutnya, hasil penelitian itu mereka tuliskan ke dalam sebuah jurnal. Alhasil, tulisan pun diterbitkan di jurnal obsesi (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini-Sinta2) dengan judul  ‘The Implementation Of Demonstration Method To Increase Learning Outcome In Natural Science Lessons’.

Baca Juga :  LRR Siantar-Simalungun Minta PT. STTC Partisipasi Covid-19

Kevin menjelaskan, karya ilmiah yang terbit di jurnal obsesi, pihaknya melalui lima kali proses revisi. “Kami bersyukur dan bahagia, akhirnya hasil penelitian kami terbit di jurnal obsesi Sinta2,” pungkasnya.

Hasil Penelitian

Berdasarkan data hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa pada pre-test dengan 21 siswa terdapat 4 siswa (19,05%) yang mencapai tingkat ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 52,61.

Sedangkan pada post test siklus I terdapat 11 siswa (52,4%) yang mencapai ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 61,42. Sementara pada post test siklus II terdapat 19 siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (90,48%) dengan rata-rata skor 75.71. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas 2 SD Negeri 173606 Pangururan.

Selanjutnya Kevin mengemukakan, selain Natalina Purba, dosen Lisbet Sihombing M.Pd dan Hendra Simanjuntak M.Pd juga ikut berperan memotivasi dan membingbing mereka. Begitu juga dengan Dekan FKIP Dr. Jumaria Sirait,  M.Pd dan Rektor UHKBPNP Prof.Dr.Sanggam Siahaan,M.Hum.

“Kami berharap capaian ini menjadi motivasi bagi mahasiswa UHKBPNP lainnya untuk terus berkarya dalam menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk karya ilmiah,” tandas Kevin.

Baca Juga :  Panitia Jubileum 50 Tahun GKI Undang Walikota dan Wakil Walikota Siantar

Dekan FKIP Jumaria Sirait mengapresiasi hasil penelitian para mahasiswanya itu. Karya ilmiah mahasiswa tersebut bagi Jumaria merupakan bagian dari hasil pembelajaran dalam konsep learning by doing. Kreasi, inovasi dan kolaborasi menjadi harapan sekaligus tuntutan publik bagi kaula muda untuk terus berkarya.” Sivitas akademika UHKBPNP berkolaborasi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing,” terangnya. (*)

Bagikan :