Kecamatan Siantar Marihat Sosialisasikan Bahaya Demam Berdarah

Robert Sitanggang S.STP, Camat Siantar Marihat, Raymond Sianipar SE, Lurah Suka Makmur, Hermanton hutasoit. SH Lurah Suka Maju bersama masyarakat Kelurahan suka maju
Bagikan :

SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Dikabarkan, akhir-akhir ini penyakit demam berdarah kian marak di kecamatan Siantar Marihat, Pematangsiantar. Menyiasati hal ini kecamatan Siantar Marihat serta kelurahan menggalakkan sosialisasi bahaya demam berdarah ke masyarakat, Jumat (13/5/2022).

Dalam sosialisasi, warga diimbau selalu memberantas sarang nyamuk di genangan air dan tempat penampungan air sesuai anjuran petugas dinas kesehatan setempat. Petugas menjelaskan tata cara pencegahan demam berdarah, seperti gerakan 3 M (Menutup, Menguras, dan Menimbun).

Camat Siantar Marihat, Robert Sitanggang S.STP menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan pihaknya bukan tanpa sebab, mengingat saat ini sudah ada beberapa warga yang terkena DBD serta meninggal dunia.

“Ada kasus didapat warga yang terdampak atau sampai meninggal dunia akibat terpapar DBD. Karena itulah kita lebih gencar melakukan sosialisasi dan imbauan,” tuturnya, Selasa (13/5/2022).

Menurut Robert, dalam kegiatan sosialisasi itu pihaknya langsung menyasar kerumah-rumah warga. Terutama dipemukiman padat penduduk yang memiliki situasi lingkungan rentan menjadi tempat bersarangnya nyamuk mematikan tersebut.

Petugas kelurahan bersama dengan petugas dinas kesehatan serta didampingi Bhabimkamtibmas dan Babinsa kelurahan,  menganjurkan warga menerapkan pola hidup bersih dan menerapkan program 3 M plus,  yakni menguras tempat atau wadah penampungan air lalu mngubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air.

Baca Juga :  Kelurahan Pardomuan Juara Umum MTQ Siantar Timur

“Kita juga mengarahkan warga selalu menerapkan selalu menjaga kebersihan,” ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu tambah Robert, pihaknya juga membagikan brosur  informasi tentang cara pencegahan demam berdarah kepada warga

“Intinya kegiatan sosialisasi ini mengajak sekaligus membangun kesadaran masyarakat akan bahaya nyamuk Aedes Aegypti yang dapat mengganggu kesehatan bahkan mengancam keselamatan jiwa,” tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan sosialisasi, Robert Sitanggang S.STP, Camat Siantar Marihat, Raymond Sianipar SE, Lurah Suka Makmur, Hermanton hutasoit. SH, Lurah Suka Maju, Hanna Manullang SKM. MKM Kepala Puskesmas Parsoburan, dan pegawai kecamatan maupun kelurahan. (WK/KTN)

Bagikan :