Hasil Survei SMRC di Pilkada Kota Siantar, Mangatas Silalahi Tertinggi

Bagikan :

Pematangsiantar– Sesuai hasil survei Saiful Maujani Research and Consulting (SMRC) terhadap sejumlah nama Bakal Calon (Balon) Walikota Pematangsiantar, sosok Mangatas Marulitua Silalahi dinilai paling unggul.

“Ada 10 nama yang dinilai oleh SMRC, Mangatas lah paling unggul dengan 29,9 % jika Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah, red) dilangsungkan sekarang, ” ucap Daud Simanjuntak, yang merupakan salah seorang dari Tim Pemenangan Balon Walikota Pematangsiantar Mangatas Marulitua Silalahi, Selasa (04/06/2024)

Dijelaskan, 9 nama lagi dan persentase yang didapatkan, yakni Susanti Dewayani diposisi kedua dengan 29,3%, Timbul Marganda Lingga 6,7% , Koni Ismail Siregar 5,8%, Tuahman Purba 4,2% Edwin Purba 1,9%, Bambang Kecono Wahono 1,6%, Darwin Pohan 1,2%, Fawer Full Sihite 0,6% dan Faidil Siregar 0,4%.

“Namun disana ada 18,7 persen masyarakat yang disurvei tidak menyatakan sikap atau tidak tahu untuk menentukan pilihannya,” Ujar pria yang merupakan Anggota DPRD Kota Pematangsiantar dari Partai Golkar ini.

Jika disusutkan menjadi 4 nama, Mangatas juga dianggap unggul sebanyak 35,9%, Susanti 33,8%, Timbul 7,5% dan Tuahman 5,8%. Sedangkan, tidak menetukan pilihan 17,1%.

Namun, jika dibuat 3, Mangatas masih tetap unggul dengan 40,5 persen, selanjutnya untuk Susanti dengan 37,1%, Tuahman 5,2% dan untuk belum menetapkan pilihan 17,2%.

Jika Pilkada Hanya dua calon yakni Mangatas dan Susanti, Sebut Daud sesuai hasil survei itu, Mangatas juga unggul dari Susanti, yaitu dengan 43,8%, sedangkan Susanti 37,5% dan yang belum menentukan pilihannya 18,7%.

Begitupun, sesuai hasil tersebut ia mengaku tidak merasa begitu puas, melainkan menghimbau kepada seluruh tim pemenangan dan simpatisan Balon Walikota Mangatas untuk sama sama bahu membahu terus menaikkan popularitas dan elektabilitas Mangatas ditengah-tengah masyarakat Siantar.

Ditambahkan Daud, bahwa Susanti Dewayani yang merupakan Walikota saat ini ada sosok paling populer dikalangan masyarakat Siantar. Namun, dia bukan yang paling banyak disukai.

“Posisi tertinggi disukai masyakat itu adalah Mangatas Marulitua Silalahi,” Ungkapnya

Disurvei tersebut juga disebutkan, tentang keinginan masyarakat untuk maju kembali, bahwa lebih banyak tidak menginginkan, yakni 48% sedangkan menginginkan 41% dan tidak menjawab 12%.

Untuk tingkat kepuasan kepimpinan Susanti hanya 54 persen dan itu dianggapnya tidak tinggi. “Karena yang tinggi itu adalah diatas 70 persen, ” Ujarnya.

“Soal kondisi ekonomi di Siantar juga dinilai disana dalam kepimpinan Susanti, dan dinilai banyak warga merasa kondisi ekonominya lebih buruk dibanding sebelumnya,” Pungkasnya.

Bagikan :