Buruan Daftar ke Nommensen Siantar, Tersedia KIP Kuliah dan Beasiswa

Wakil Rektor IV UHKBPNP Dr.Muktar Panjaitan,M.Pd, Jumat (9/9/2022).
Bagikan :

PEMATANG SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP)mengajak putra-putri Indonesia khususnya warga Sumatera Utara untuk kuliah. Bagi yang tidak mampu secara ekonomi, tersedia KIP Kuliah dan beasiswa.

“Mari belajar bersama kami. Ada KIP Kuliah, jumlahnya terbatas,” ujar Wakil Rektor IV UHKBPNP Dr.Muktar Panjaitan,M.Pd, Jumat (9/9/2022).

Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak pada perekonomian masyarakat melanjutkan pendidikan keluarganya. Kondisi tersebut kata Muktar dapat dirasakan pihaknya. Sehingga, kampus berupaya meyakinkan pemerintah dan mitra kerjasama mencari jalan keluar dengan menyiapkan bantuan KIP Kuliah dan beasiswa.

“Salah satu upaya, UHKBPNP hadir membantu masyarakat, anak muda dan kaum millenial yang lemah secara ekonomi melanjutkan pendidikannya,” imbuhnya.

Pada era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini terjadi disrupsi, di mana masyarakat menyukai teknologi dan menjadikannya kebutuhan sekaligus sarana mendapatkan penghasilan. Itu ditandai dengan banyaknya pengguna gadjet, platform media sosial yang jumlahnya jutaan orang. Perubahan tersebut dijelaskan Muktar memantik pihaknya membuka jurusan ilmu komputer.

Baca Juga :  Sekjen GKPS Dukung Penuh Try Out Bersama Ekklesia Course, Pemuda GKPS & DPC Himapsi Siantar

“Bagi yang gemar teknologi, ada jurusan atau prodi ilmu komputer. Selain itu, ada juga 13 progam studi yang jadi pilihan. Totalnya ada 14 jurusan. Masing-masing jurusan ada KIP kuliah dengan jumlah terbatas,” kata doktor lulusan Unesa ini.

Prodi Ilmu Komputer & Perkembangan Teknologi
Merespons pertanyaan apa itu jurusan ilmu komputer, kurikulum dan setelah lulus bekerja dimana, dosen UHKBPNP bidang mobile programing, Jaya Tata Hardinata, M.Kom menjelaskannya dengan lugas.
Menurut Jaya, mahasiswa atau calon sarjana ilmu komputer akan dibimbing belajar bagaimana komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan. Termasuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

“Nah, apa yang menjadi ide-ide kreatif mahasiswa bisa diwujudkan apalagi di dunia informasi digital yang semakin tak terbatas,” imbuh Jaya.

Kurikulum prodi Ilmu Komputer di UHKBNP disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Misalnya, menciptakan aplikasi, merancang jaringan, kecerdasan buatan, robotika dan lain sebagainya.

“Peluang kerja bervariasi, lantaran bisa diterapkan di segala bidang, peluang inovasi pun sangat besar, cakupan ilmu luas dan bisa memprediksi masa depan,” terang Jaya yang juga konsultan IT di beberapa di daerah di Sumut.

Baca Juga :  Sah, Junaedi Sitanggang Jabat Sekda kota Pematangsiantar, Ini Pesan Wali Kota Susanti

UHKBPNP saat ini memiliki 3 fakultas yakni FKIP yang terdiri dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Biologi.

Selanjutnya, Fakultas Tehnik. Fakultas ini terdiri dari 2 program studi yakni Tehnik Mesin dan Manajemen Sumber Daya Perairan. Kemudian FMIPA yang memiliki 2 program studi yakni Matematika dan Ilmu Komputer.

Editor : WAKEUP

Bagikan :