Pemdes Bawomataluo Gelar Musrenbangdes

(Musrenbangdes) dalam rangka penetapan Rencana Kegiatan Pemerintahan desa ( RKP des) yang bertempat di balai desa Bawomataluo pada hari Selasa tanggal ,(04-02/2020).
(Musrenbangdes) dalam rangka penetapan Rencana Kegiatan Pemerintahan desa ( RKP des) yang bertempat di balai desa Bawomataluo pada hari Selasa tanggal ,(04-02/2020).
Bagikan :

Nias Selatan-Kliktodaynews.com Pemerintahan desa Bawomataluo kecamatan Fanayama kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan desa (Musrenbangdes) dalam rangka penetapan Rencana Kegiatan Pemerintahan desa ( RKP des) yang bertempat di balai desa Bawomataluo pada hari Selasa tanggal ,(04-02/2020).

Dalam pelaksanaan acara Musrenbangdes tersebut dihadiri oleh Camat Fanayama diwakili Kasi Pemerintah , Tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh Wanita, Ketua BPD , tokoh Pendidikan, Kapuskesmas Fanayama, tim pendamping desa , Masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Acara Musrenbangdes tersebut dibuka oleh Kepala desa Bawomataluo Teruna Wau mengatakan dengan Musrenbangdes ini mengapresiasi masyarakat untuk memberikan usulan dan pendapat , tenaga yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Ditambahkan Teruna .perlu kita ketahui bahwa desa Bawomataluo ini terletak di atas perbukitan,di mana banyak ancaman longsoran yang kelak akan terjadi terlebih pada saat musim hujan tiba, Kita harapkan melalui musrenbangdes ini kita sampaikan ide, gagasan yang lebih baik serta yang bermanfaat ( katanya)

Perlu kami sampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbangdes ini sebenarnya adalah PJ Kepala desa lama, beserta aparatnya yang membuat RKPdes pada tahun 2019 yang lalu, tetapi RKPdes Bawomataluo tidak di laksanakan. Maka melalui musrenbangdes ini akan di buat berita acara bahwa pembuatan RKPdes 2019 tidak di buat oleh PJ lama , akan tetapi baru di buat tahun 2020 oleh kepala desa definitif , maka di harapkan kepada BPD serta tokoh masyarakat untuk dapat menandatangani nya. ( tandasnya).

Baca Juga :  PANWASCAM FANAYAMA MEMBUKA PEREKRUTAN PENGAWAS KELURAHAN/DESA NIAS SELATAN


Melalui Musrenbangdes tersebut , adapun Usulan dari beberapa tokoh masyarakat Antara lain, Pembangunan jalan dari Bawomataluo menuju desa Hilisalawa, Pembangunan jalan menuju desa Hilizihono, Pembangunan jalan menuju daerah objek wisata ( Namo si sara hingga Namo sifelendua) dengan kata lain Air terjun di daerah Hosi , untuk di agendakan dalam forum Musrenbang tingkat kecamatan nantinya

Masyarakat mengharapkan usulan yang di agendakan ke Musrenbang kecamatan bisa menjadi skala prioritas sehingga bisa memenangkan dalam forum musyawarah tingkat kecamatan pada tahun 2020 nanti dan bisa memenuhi keinginan usulan dari masyarakat nya.

Warga setempat mengharapkan usulan yang disampaikan bisa terlaksana dengan baik sesuai program nya demi kemajuan pembangunan Desa Bawomataluo kecamatan Fanayama kedepan.

Arahan dan bimbingan Camat Fanayama diwakili Kasi tata Pemerintahan Marselinus Zagoto SE mengatakan , perencanaan pembangunan desa harus betul-betul kita teliti, serta bagaimana cara memanfaatkan sehingga tujuan pembangunan tersebut dapat tercapai dengan baik. Yang perlu kita sikapi adalah bagaimana manfaat pembangunan tersebut untuk dapat berguna secara maksimal. Dalam hal ini di mohon kepada kepala desa untuk mencari gagasan gagasan dari setiap lorong/dusun, kita jangan hanya memikirkan pembangunan infrastruktur jalan akan tetapi juga kita pikirkan bagaimana pemberdayaan SDM, serta bagaimana kita mengembangkan potensi yang ada di desa Bawomataluo ini ( harapnya).
Baca Juga :  Kepsek Beserta Guru dan Pegawai SMAN 1 Fanayama Lakukan Penyemprotan Disifektan Di Lingkungan Sekolah


Mewakili tokoh masyarakat Eli kasih Wau mengatakan sangat mendukung dengan adanya Musrenbangdes tersebut karena asas manfaatnya bagi masyarakat dimasa akan datang dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat khususnya pembangunan infrastruktur jalan usaha tani.

Selanjutnya Eli mengharapkan kepada pemerintahan desa untuk berhati-hati dan bersifat transparan dalam mengelola anggaran, karena sudah ada BPD, dan Pendamping Desa dalam hal pengawasan ADD( tuturnya). ( TM)
(Musrenbangdes) dalam rangka penetapan Rencana Kegiatan Pemerintahan desa ( RKP des) yang bertempat di balai desa Bawomataluo pada hari Selasa tanggal ,(04-02/2020).
Bagikan :