Pemilihan Anggota BPD Desa Bawomataluo Berjalan Sesuai Harapan Masyarakat

Pemilihan Anggota BPD desa Bawomataluo , di balai desa pada hari Jumat 23/04/2021
Pemilihan Anggota BPD desa Bawomataluo , di balai desa pada hari Jumat 23/04/2021
Bagikan :

NIAS SELATAN – Kliktodaynews.com Masyarakat Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias  Selatan mengadakan Pemilihan Langsung dalam rangka pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021-2027 bertempat  di balai desa pada hari Jumat 23/04/2021 berjalan dengan baik.

Ketua panitia pemilihan BPD Salmen Manao mengatakan, sebagaimana keputusan musyawarah dan rapat desa bahwa pada pengisian BPD kali ini masyarakat sepakat dilakukan dengan cara pemilihan langsung yang dilaksanakan melalui perwakilan wilayah / dusun dengan 8 wilayah sesuai dengan wilayah dusun di Desa  Bawomataluo yakni sebanyak satu dan melalui perwakilan perempuan sebanyak 1 orang.

Pada hasil Musyawarah Desa (Musdes) tersebut, bahwa dari  setiap wilayah dusun akan dipilih satu orang anggota BPD,dan diantaranya wajib ada perwakilan dari perempuan,  Dimana dalam penentuan ini berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing dusun.

Pemilihan kali ini diselenggarakan oleh panitia Tim penjaringan , dengan cara sipemilih menentukan pilihanya melalui Surat suara yang telah di siapkan Oleh penyelenggara. Adapun tujuanya bahwa di setiap dusun diambil suara terbanyak dari setiap dusun, jadi anggota yang akan terpilih berasal setiap dusun sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD.

Baca Juga :  Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Perangkat Desa Hilizihono


Dari penghitungan suara setelah selesai pemungutan suara yang berlangsung sejak jam 10-13.WIB, diperoleh anggota BPD terpilih dari Wilayah 1 yakni Singkatan Nehe Spd,dan Peraturan wau Wilayah 2 , Taufik Haria dari Wilayah 3 , Kalvin Wilayah 4, Pilu hati Zagoto wilayah 5, Yuniati Wilayah 6, Israel  Nehe  wilayah 7, Endang  Manao dari wilayah  8 .

Mewakili pemerintah desa Bawomataluo Salmen berharap kepada calon anggota terpilih untuk dapat menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik. Juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Terimakasih kepada Panitia penyelenggara, para Peserta Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan helat ini. Selamat kepada yang telah terpilih, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa Bawomataluo ke arah yang lebih baik dan bermarwah mulia , demi kesejahteraan warga masyarakat. Dan tetaplah memberi bakti terbaik kepada yang telah mencoba mendapatkan kepercayaan masyarakat lewat kontestasi namun belum terwujud sesuai yang saudara harapkan, ujarnya.

Mewakili tokoh adat Tafaoso Wau ( Tuha Samae Ewali) mengatakan bagi anggota BPD, terpilih diharapkan untuk dapat melaksanakan tugas pokok fungsinya dengan baik ditengah masyarakat, melakukan pelayanan melalui pertemuan musyawarah desa baik perdusun maupun secara umum untuk menampung aspirasi masyarakat. ( harapnya)
Baca Juga :  Gubsu Lantik Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan


Pada pelaksanaan pemilihan BPD tersebut turut hadir pendamping desa ( PD) Libertus haria, personil babhinkamtibmas, tokoh adat,  tokoh agama, wanita, pemuda,  unsur BPD,  dan elemen masyarakat serta undangan lainya. (TM/KTN)

 
Bagikan :