Kondisi Jalan Menuju Desa Lahusa Fau Nias Selatan Rusak Parah

Bagikan :

NIAS SELATAN – Kliktodaynews.com|| Masyarakat desa  Lahusa Fau  Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan,  mengeluh lantaran jalan menuju Desa tersebut rusak parah, dimana jalan ini  penghubung beberapa desa diwilayah Kecamatan Fanayama kondisi badan jalannya  sangat memprihatinkan serta mengancam keselamatan jiwa baik pengendara roda dua dan roda empat.

Tak jarang para pengguna jalan mengendarai sepada motor terjatuh karena kondisi jalan sangat menyulitkan pengendara untuk melintas jalan tersebut diperparah bila Musim hujan tiba.

Jubileum Telaumbanua salah satu supir pengangkutan material kepada media ini Jumat 05/11/2021,  mengatakan kerusakan jalan ini sudah berlangsung dan luput dari perhatian pemerintah.

“Kami sangat khawatir dengan kondisi jalan yang turunan dan tanjakan. Padahal akses jalan itu dimanfaatkan masyarakat di beberapa  desa sekitar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jubileum mengatakan mengaku kecewa sebab kerusakan jalan tersebut sudah bertahun tahun tidak ada perbaikan, sehingga tidak sedikit warga yang melintasi jalan ini selalu mencari jalan alternative  menggunakan bahu jalan untuk menghindari jalan rusak.

Baca Juga :  Masyarakat Apresiasi Pembukaan Jalan Desa Bawomataluo Menuju Hilisalawa

“Jalan rusak ini sudah bertahun tahun berlangsung namun belum ada perbaikan. Apalagi di musim hujan, warga yang melintasi atau bepergian baik ke Kecamatan maupun ke Kabupaten harus ekstara hati-hati karena kondisi jalan licin dan berbatuan,”imbuhnya.

Seorang pelajar SMP S Fanayama Kristianto Wau juga mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah.

“Bila saya pergi kesekolah terpaksa jalan kaki. Dimana dulu biasanya saya naik sepeda dayung ke  sekolah,  kini  berbeda , harus jalan kaki bahkan membutuhkan waktu berjam jam menuju sekolah tempat menuntut ilmu demi keselamatan jiwa,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Lahusa Fau Antonioman Manaraja mengatakan kendati sudah berulang kali disampaikan ke pihak tingkat Kecamatan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) setiap tahun namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah

Ia menambahkan kondisi jalan yang rusak tersebut sekitar 2,5 Km. Kondisi yang memprihatinkan ini   sudah lama di keluhkan warga, di mana jalan tersebut merupakan akses prekonomian dan pendidikan masyarakat setempat namun terkesan di biarkan oleh Pemerintah dan instansi terkait.

Baca Juga :  PANWASCAM FANAYAMA MEMBUKA PEREKRUTAN PENGAWAS KELURAHAN/DESA NIAS SELATAN

Lahusa berharap dengan warga memohon kepada Pemerintah dan instansi terkait untuk dapat memperhatikan serta menjadi kan skala prioritas untuk pembangunan  perbaikan jalan desa ini . (Taandro/KTN)

Bagikan :