Update Kabar Terkini Pademi Covid-19 di Dunia

freepik
Bagikan :

KLIKTODAYNEWS.COM|| Pandemi covid-19 masih terus berlangsung di seluruh dunia. Ada wilayah yang mengalami gelombang baru covid-19.

Berikut ini adalah kabar terbaru tentang pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia:

Perkembangan Medis

Perusahaan bioteknologi Jerman CureVac mengatakan uji klinis vaksin COVID-19 generasi kedua yang dikembangkannya akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan.

AstraZeneca mengklaim koktail atau campuran antibodi buatannya menawarkan 83 persen perlindungan selama enam bulan.

Dampak Ekonomi

Jepang akan mengumumkan paket stimulus senilai 490 miliar dolar (hampir Rp 7 kuadriliun) pada Jumat untuk membantu ekonomi masyarakat yang terhantam pandemi.

Bank sentral AS akan menaikkan suku bunga akhir tahun ini, lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan lalu. Langkah itu menjadi simbol peralihan dari kebijakan darurat untuk menopang ekonomi selama pandemi.

Wilayah Asia-Pasifik

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, kasus COVID-19 pertama yang diketahui adalah pedagang pasar di kota Wuhan, China, bukan akuntan yang sepertinya tak berkaitan dengan pasar tersebut. Kabar bahwa kasus pertama adalah seorang akuntan telah menimbulkan spekulasi bahwa virus corona bocor dari sebuah lab.

Baca Juga :  Pengadaan LPJU Solar Cell di Jalinsum Batu Bara Diduga Proyek Siluman

Filipina menyetujui rencana untuk mengizinkan turis asing yang sudah divaksin COVID-19 masuk ke negara itu.

Maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific telah memecat tiga pilot pesawat kargo yang terinfeksi COVID-19 selama singgah di Frankfurt. Tiga pilot dipecat karena melakukan “pelanggaran serius” terhadap aturan kru selama berada di luar negeri.

India menyetujui ekspor 20 juta dosis vaksin COVID-19 Novavax yang dibuat Serum Institute of India ke Indonesia.

Singapura tengah menggelar konferensi pekan ini yang dihadiri petinggi-petinggi perusahaan global. Kegiatan itu menandai kembalinya kehidupan normal secara bertahap. Ini berbeda jauh dengan pesaing mereka, Hong Kong, yang masih menerapkan aturan karantina paling ketat di dunia.

Amerika

Kanada pada Jumat akan mengumumkan izin penggunaan vaksin COVID-19 buatan Pfizer bagi anak-anak usia 5-11 tahun.

Negara bagian Florida, AS, melarang sekolah dan bisnis mewajibkan vaksinasi COVID-19 dan membuka kemungkinan untuk mundur dari badan federal yang mengatur keselamatan kerja.

Eropa

Presiden Emmanuel Macron mengatakan Prancis tak perlu mengikuti negara-negara Eropa lain yang menerapkan lockdown COVID-19 pada orang-orang yang tidak divaksin.

Baca Juga :  Gugus Tugas Nasional Mencatat Lebih Dari Seribu Kasus Baru Covid-19 per 6 Juli 2020

Resor pantai populer Benidorm di Spanyol telah membuka pusat vaksinasi COVID-19 bagi turis ketika kasus meningkat bersamaan dengan tingkat kunjungan.

Sumber :  republika.co.id/KTN

Bagikan :