Ilham Saputra Resmi Jabat Ketua KPU RI

Ilham Saputra resmi jabat Ketua KPU. (photo KPU)
Ilham Saputra resmi jabat Ketua KPU. (photo KPU)
Bagikan :

JAKARTA – Kliktodaynews.com Ilham Saputra resmi menjabat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) per hari ini, Rabu (14/4). Ilham menggantikan posisi Arief Budiman.

“Dalam Rapat Pleno Anggota KPU RI telah menyepakati Ilham Saputra sebagai Ketua KPU RI definitif, kata Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (14/4/2021).

Dalam rapat pleno juga ditentukan Arief menjabat sebagai Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat, dan Litbang KPU RI, sementara Evi Novida Ginting Manik menjabat Ketua Divisi Teknis.

Perlu diketahui, Arief Budiman diberhentikan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena dinilai melanggar etik akibat menemani Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik ke PTUN yang kala itu diberhentikan oleh DKPP.

Menurut Dewa, kesepakatan dalam rapat pleno telah sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Khususnya Pasal 10 Ayat 5 yang menyebutkan Baha Ketua KPU, Ketua KPU Provinsi dan Ketua KPU Kabupaten/Kota dipilih dari dan oleh anggota KPU. (TIM/KTN)

Bagikan :
Baca Juga :  Eva Sofyana Terpilih Jadi Kepala Kampung Umpu Bhakti Periode 2021-2027