Erick Thohir Ganti Dirut PLN, Berikut Fakta-faktanya

Menteri BUMN Erick Thohir ganti Dirut PLN (Foto: Ist) Inews
Bagikan :

JAKARTA – Kliktodaynews.com||  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengganti Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. Penggantinya adalah Darmawan Prasodjo, yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Utama PLN.

Mengutip dari inews.id, pergantian orang nomor satu di BUMN listrik pelat merah tersebut dibenarkan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

“Iya itu ada pergantian (Dirut PLN),” kata Arya, Senin (6/12/2021).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, PLN saat ini dalam tahap transformasi energi, di mana tugas ini dijalani Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. “Nah sekarang diteruskan, regenerasi benar. Pengganti Wadirut bukan dari mana-mana dan sebelumnya Pak Darmawan itu khusus transformasi di PLN dan sekarang menuju bauran energi. Jadi taget Pak Jokowi diteruskan Pak Darwanan,” ujarnya.

Mengutip laman Resmi PLN,  Darmo lahir di Magelang pada 19 Oktober 1970. Darmawan meraih gelar Bachelor of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 1994, Master of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 2000 lalu menyelesaikan gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber daya alam di Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University tahun 2011.

Baca Juga :  Jokowi Teken Inpres, Perintahkan Seluruh Elemen Pemerintahan Dukung BPJS Ketenagakerjaan

Darmawan meraih gelar Bachelor of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 1994, Master of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 2000. Lalu, menyelesaikan gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber daya alam di Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University pada 2011.

Darmawan Prasodjo merupakan seorang Ekonom Energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun di Amerika Serikat (AS) menempuh studi dan berkarier sebagai konsultan-peneliti di Texas A&M University dan Duke University.

Pada 2012, dia kembali ke Indonesia dan memulai karier di beberapa perusahaan, antara lain sebagai Direktur di Indonesia Center for Green Economy dan Kepala Jurusan di Prodi Green Economy di Surya University tahun 2012-2013, Co-chair Post 2015 Millennium Development Goals pada 2013-2014.

Pada 2013-2014, dia menjabat Presiden Komisaris Amesti Energi Nusantara. Lalu, Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden pada 2015-2019; dan Komisaris PLN pada 2018–2019. Dia diangkat sebagai Wakil Direktur Utama PLN berdasarkan Keputusan Menteri BUMN dalam RUPS Nomor SK-325/MBU/12/2019 tanggal 23 Desember 2019.

Baca Juga :  [KABAR DUKA] Istri Wakil Wali Kota Medan Meninggal Dunia

Susunan Direksi PLN:

1. Direktur Utama: Darmawan Prasodjo

2. Direktur Perencanaan Korporat: Evy Haryadi

3. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan: Bob Saril

4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Sinthya Roesly

5. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia: Syofvi Felienty Roekman

6. Direktur Energi Primer: Rudy Hendra Prastowo

7. Direktur Mega Proyek dan EBT: Wiluyo Kusdwiharto

8. Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan: Muhammad Ikbal Nur

9. Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali: Haryanto WS

10. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara: Syamsul Huda.

(inews/TIM/KTN)

 

 

Bagikan :