Beberapa Tips Mengetahui WhatsApp Kamu Disadap dan Cara Menghentikannya

Ilustrasi Whatapp
Ilustrasi Whatapp
Bagikan :

KLIKTODAYNEWS.COM WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp yang disadap atau dibajak orang lain tentunya membuat kita merasa ada yang aneh saat membuka WhatsApp. Jangan sampai WhatsApp Anda disadap oleh orang lain? Gampang kok cara mengidentifikasinya.

Dikutip dari smartphoneku.com, berikut cara mudah untuk mengetahui dan menghentikan WhatsApp yang disadap :

1. Chat WhatsApp Terbaca Sebelum Dibaca

Biasanya aplikasi chat WA yang sudah di bajak akan membaca pesan dari teman ataupun keluarga smarter sebelum smarter sendiri membuka pesan tersebut.

2. WhatsApp Online Padahal Tidak Aktif

Misalkan smartphone kamu dalam kondisi mati, lalu kamu coba cek akun whatsappnya melalui smartphone teman dan terlihat “Online” berarti WhatsApp kalian sedang tersadap oleh orang lain.

3. Membalas Chat Sendiri Tanpa Diketahui

Baca Juga :  ASN Dilarang Keluar Daerah Saat Libur Paskah 1-4 April


Jika yang menyadap whatsapp adalah pasangan atau kekasimu sendiri, maka sudah tidak aneh lagi jika dia akan chat kontak kamu tanpa sepengetahuan, bahkan sampai menyadap smartphone-mu.

Kemudian bagaimana cara menghentikan WhatsApp yang disadap?

Seperti diketahui, menyadap WhatsApp orang lain merupakan tindakan yang ilegal dan mempunyai sanksi jeratan hukum pidana yang tertuang dalam UU ITE.

Pembajakan tidak selalu menggunakan tekhnik yang rumit, namun juga bisa digunakan karena kelalaian dari pemilik smartphone

Berikut cara menghentikan WhatsApp yang disadap: 1. Mengeluarkan Semua Perangkat

Untuk menghentikan sadapan yang sudah berlangsung, kamu dapat menghentikannya dengan mengeluarkan seluruh perangkat yang terkoneksi dengan WhatsApp kalian.

Caranya: Setting –> WhatsApp Web/Desktop –> Keluar dari semua komputer –> Keluar.

Tips yang kedua digunakan untuk mencegah adanya tindakan pembajakan dengan cara mengaktifkan fitur two factor authentication whatsapp atau verifikasi dua langkah.

Caranya: Setting –> Akun –> Verifikasi Dua Langkah –> Aktifkan –> Masukkan PIN –> Masukkan Email –> Selesai. (RED/KTN)

Baca Juga :  Dilantik Sebagai Kepala Kampung Sri Rejeki, Lukmadi SH: Terima Kasih Saya Ucapkan Kepada Seluruh Masyarakat

Bagikan :