BALAR Sumut Teliti Istana Lama Dinasti Sisingamangaraja

Tim dari Balai Arkeologi Sumatera Utara melakukan penelitian di bekas istana lama Dinasti Sisingamangaraja, yang berada di Desa Sinambela, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.
Bagikan :

HUMBAHAS – Kliktodaynews.com|| Tim dari Balai Arkeologi Sumatera Utara melakukan penelitian di bekas istana lama Dinasti Sisingamangaraja, yang berada di Desa Sinambela, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menurut Ketua Tim Penelitian, Defri Simatupang, penelitian kali ini merupakan penelitian tahap awal yang lebih memfokuskan pencarian bekas permukiman Raja Sisingamangaraja yang I hingga IX. “Sebagaimana diketahui Istana Raja Sisingamangaraja ke X hingga ke XII, ada di desa Simamora, dusun Lumbanraja. Memang kedua situs masih dalam satu kecamatan, namun kami ingin mendalami keberadaan istana lama dan alasan perpindahannya, dan sekaligus kami ingin menjadikannya sebagai tambahan salah satu potensi sumber daya budaya yang harus dikelola dalam kerangka pembangunan berkelanjutan di kabupaten ini”.

Thomson HS, sebagai salah satu anggota tim penelitian yang juga penulis buku “Sisingamangaraja : Pemersatu Batak di Toba”, mengatakan kalau eksistensi Dinasti Sisingamangaraja sejak mula-mula harus direkonstruksi lebih dalam lagi dari tempat asalnya agar semakin jelas memiliki keterikatan hingga Raja Sisingamangaraja ke XII (pahlawan nasional).

Baca Juga :  Ustadz Maheer Meninggal Dunia di Rutan Bareskrim, Ini Penjelasan Lengkap Polri

Kegiatan ini akan dilakukan sejak dari tanggal 19 Agustus 2021 hingga 10 September 2021, dengan bekerjasama dengan Tim Ahli Cagar Budaya Dinas Pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan, dan dukungan perizinan dari kepala Desa Sinambela, Kepala Dusun, dan pemangku adat setempat.

Hasil penelitian nantinya akan dilaporkan ke pihak-pihak terkait dan selanjutnya dipublikasikan melalui Jurnal Terakreditasi Nasional dan Global. (DS/KTN)

Bagikan :