Balai Arkeologi Sumut Temukan Jejak Dinasti Sisingamangaraja

Dari hasil galian, kami menemukan ekofak tulang hewan, fragmen gerabah, keramik, hingga keping uang benggol peninggalan masa Belanda 1913
Bagikan :

HUMBAHAS – Kliktodaynews.com|| Setelah hampir seminggu melakukan penggalian di Huta Ginjang,  Desa Sinambela, Humbahas,  Tim dari Balai Arkeologi Sumatera Utara mendapatkan hasil penggalian  yang sangat menarik untuk diteliti lebih dalam lagi.

Menurut Ketua Tim Penelitian, Defri Simatupang mengatakan penggalian yang sudah membuka lebih dari sepuluh kotak gali menghasilkan variasi temuan seperti beberapa kerangka utuh manusia yang bahkan belum diketahui warga identitasnya.

“Dari hasil galian, kami menemukan ekofak tulang hewan, fragmen gerabah, keramik, hingga keping uang benggol peninggalan masa Belanda 1913,”sebut Defri.

Temuan-temuan ini bagi kami sangat penting untuk semakin menelusuri fokus pencarian bekas permukiman Raja Sisingamangaraja yang I hingga IX, yang diduga berada disekitar wilayah ini.

“Semoga di sisa hari penggalian kami semakin menemukan banyak data untuk bisa mendukung penelitian kami ini, meskipun pada awal kegiatan sempat ada beberapa hambatan di lapangan,’imbuhnya.

Lebih lanjut Defri menerangkan penelitian ini mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan, Kepala Kantor Balai Arkeologi Sumut, Dr. Ketut Wiradnyana.

Baca Juga :  30 Taruna Asal Sumut Diwisuda Panglima TNI

Kepala Kantor Balai Arkeologi Sumut, Dr. Ketut Wiradnyana menyempatkan berkunjung  ke lapangan dan ikut terjun langsung membantu kami menyelesaikan hambatan yang ada seperti ikut bermusyawarah dengan para penatua desa,”tambah Defri.

Kegiatan ini akan dilakukan sejak dari tanggal 19 Agustus 2021 hingga 10 September 2021. Hasil penelitian nantinya akan dilaporkan ke pihak-pihak terkait untuk ditindak lanjuti dalam kerangka mendukung pembangunan berkelanjutan wilayah dan selanjutnya dipublikasikan melalui Jurnal Terakreditasi Nasional dan Global. (TIM/KTN)

Bagikan :