Ketua IWO Lampung Sosialisasi Masyarakat Melek Politik

Bagikan :

Lampung-Kliktodaynews.com||  Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Lampung Edi Arsadad mengajak seluruh masyarakat tidak golput pada pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024 mendatang. Hal itu disampaikannya saat memberikan sosialisasi tentang “melek politik” di cafe Orion Sribhawono Lampung Timur, Sabtu 3/2/24.

Edi mengatakan masih banyak masyarakat yang abai dan memiliki banyak alasan untuk tidak melek politik terhadap masalah politik dan tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bidang politik.

Padahal, urgensi melek politik adalah untuk mengawali kehidupan demokrasi mendukung terciptanya kontrol sosial, serta menjamin pemerintahan yang bersih.

“Kita harus membentuk masyarakat yang memiliki kesadaran politik yang cukup. Kesadaran politik atau melek politik ini berarti bukan hanya mengetahui cara kerja dan sistem politik tetapi juga memahami bagaimana politik dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari” ujarnya.

Menurut Edi, hal itu penting dilakukan agar masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam mencapai kehidupan yang diinginkan.

“Belajar dari pencatatan sejarah kemerdekaan Indonesia pun tidak hanya dicapai melalui perang gerilya atau tindakan peperangan lainnya. tetapi juga melalui banyak gerakan politik dan diplomasi di tingkat internasional oleh karena itu melek politik sangatlah penting dalam memastikan keberhasilan pemerintah Indonesia yang berkelanjutan” ungkapnya.

Baca Juga :  Ciptakan Pemilu Aman 2024, Polda Lampung Silaturahmi dengan Relawan Jokowi

Dikatakannya alasan masyarakat melek politik antara lain supaya dapat mengkritik kebijakan pemerintah secara objektif, meningkatkan sikap toleransi, melawan dan menghentikan penyebaran berita palsu.

” Dan yang utamanya, masyarakat yang melek politik bisa memilih pemimpin yang berkualitas. Dan mereka yang melek politik tentu saja bisa menjadi calon pemimpin masa depan bangsa” kata dia

” Dengan melek politik Kita juga bisa memperluas pengetahuan dan kita menjadi tahu bagaimana cara menyuarakan pendapat dengan baik dan benar” imbuhnya.

Edi menegaskan agar peserta yang hadir untuk mengajak keluarga, tetangga agar datang ke TPS pada 14 Februari 2024 dan memberikan hak pilihnya sesuai hati nurani.

Pada kesempatan tersebut mantan ketua IWO Lampung Timur periode 2017 – 2022 itu juga memberikan tips kepada peserta yang hadir untuk dapat memilih informasi yang benar atau palsu (hoax).

Ia menghimbau untuk menghindari debat kusir dimedia sosial dan tidak langsung percaya terhadap informasi yang baru diperoleh.

” Ketika kita mendapatkan sebuah informasi yang beredar sebaiknya kita tidak langsung percaya atau langsung menshare informasi tersebut, tetapi kita harus mencari sumber-sumber lain atau referensi lain sehingga kita betul-betul memahami bahwa informasi tersebut adalah benar atau bukan hoax” terangnya.

Baca Juga :  Insiden Penembakan Kendaraan Wartawan di Lampung Selatan, Ini Tanggapan Resmi IWO

Menurutnya mencegah penyebaran berita atau informasi palsu juga salahsatu bagian dari masyarakat yang melek politik. (Tim/KTN)

Bagikan :