Longsor Di Doulu Akibat Intensitas Hujan Tinggi Kini Sudah Dapat Dilalui

Bagikan :

TANAH KARO – Kliktodaynews.com Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir hingga tadi malam Kamis (29/04) 2021 di wilayah dataran tinggi Karo / Kabupaten Karo terjadi banjir, dan bahkan terjadi Tanah Longsor di kawasan hutan Doulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo yang mengakibatkan akses jalan menuju Desa Doulu dan Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka terhambat akibat Material Bebatuan dan Lumpur menutupi Jalan tersebut.

Sesuai informasi polres kabupaten karo melalui Kapolsekta Berastagi Kompol L.Marpaung menerangkan kepada beberapa wartawan yang melihat ke lokasi pagi tadi mengatakan bahwa, sekira pukul 20.30 WIB pada Kamis malam telah terjadi di Tanah Longsor dan Matrial Bebatuan menutupi jalan mengakibatkan akses Jalan menuju Desa Doulu dan Desa Semangat Gunung tidak dapat di lalui oleh seluruh Kendaraan baik roda 2 atau roda 4, persisnya di samping Gereja Katholik Desa Doulu Kec.Berastagi.

Mengetahui hal tersebut, ianya bersama anggota dari personel Polsekta Berastagi langsung turun dan membantu membersihkan dan mengarahkan 2 (Dua) unit alat berat Beko, langsung melakukan fungsi bekas Material Tanah dan Bebatuan dari badan jalan. Dan pada Pukul 24.30 WIB, Jum’at (30 / 04) 2021 dini hari tadi, Tanah longsor telah selesai di bersihkan, sehingga akses jalan menuju Desa Doulu dan Desa Semangat Gunung sudah lancar dan dapat di lalui kendaraan, ”terang Kapolsekta ini.

Baca Juga :  Wakil Bupati Karo Pimpin Gelar Pasukan Operasi "Ketupat Toba 2021"


Sementara itu Bram Bangun Kepala Unit Pariwisata Pos Doulu saat dikonfirmasi, menerangkan, ”kejadian Tanah longsor itu terjadi setelah magrib, karena hujan cukup deras pohon tak kuat menahan tanah dan Bebatuan dari tebing hutan itu, sehingga tergerus ke badan jjalan. Ketinggian Tanah atau Lumpur sekitar 80 hingga 90 Cm dan panjang longsoran yang menutupi jalan sekitar 100 Meter, ”ujarnya

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK melalui Kapolsekta Berastagi Kompol L Marpaung yang turun langsung dalam pembersihan mengatakan sebelumnya jalan sempat tertutup total oleh tanah , batang kayu dan material batu serta lumpur, dan saat ini sudah bisa di lalui “Namun kami juga menghimbau kepada pengguna jalan yang melewati jalur ini untuk tetap hati-hati dan waspada, mengingat masih banyak material lumpur ” ujar Kompol L Marpaung .

Kapolsekta Berastagi Kompol L Marpaung dan semua personil anggota Bhabinkamtibmas agar memetakan pada titik mana saja yang rawan berpotensi bencana maupun yang lainnya, sehingga wilayah hukum Polsekta kondusif aman. Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengapresiasi kebersamaan Dinas PU Kabupaten Karo , Masyarakat karena rasa gotong royong yang tinggi dengan sigap melaporkan peristiwa tersebut dan bersama-sama membersihkan tanah longsor.
Baca Juga :  Bersenggolan Dengan Truk Tangki Cpo, Pengendara Yamaha R15 Tewas Di tempat


“Terima kasih kepada warga yang responsif dan kebersamaan membersihkan material tanah longsor sehingga dalam waktu yang relatif singkat pembersihan dapat diselesaikan” Pungkasnya (LIN/KTN)

Bagikan :