GUNUNG SINABUNG KEMBALI MENYEMBUR

Bagikan :

Karo-Kliktodaynews.com Sejak dari tadi pagi gunung sinabung kembali menunjukkan intensitasnya, terlihat abu vulkanik yang membumbung tinggi sejak pukul 07,48 WIB dan menghentikan aktivitasnya bekisar 42 menit di pagi ini.Selasa(7/5/2019)

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, Armen sebagai kepala pusat yang beralamat di simpang empat ndoukum siroga tanah karo ketika di konfirmasi melalui selulernya melaporkan, bahwa telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, di tanahkaro Sumatera Utara pada Selasa (7/5/2019) tepatnya pukul 07.48 WIB.

“Dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 meter membubung tinggi di atas puncak ± 4.460 meter di atas permukaan laut,” ujar Kepala PVMBG, Kasbani dalam keteranganya di Jakarta ucap Armen.

Ia menjelaskan, bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik.

Dengan demikian agar Masyarakat/pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km di jona merah untuk sektor Utara -Barat, 4 km untuk sektor Selatan – Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, didalam jarak 6km untuk sektor Tenggara – Timur serta didalam jarak 4 km untuk sektor Utara -Timur Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat.Saat ini G. Sinabung berada pada Status Level IV.(TER/KTN)

Baca Juga :  Jhon Surbakti Ditangkap Tim Satres Narkoba Polres Tanah Karo, Barbut 6 Paket Plastik Diduga Shabu


SUMBER DATA KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung.

Bagikan :