PSBB Rencanakan Pagelaran Seni Budaya Batak Di TMII

Ketua Umum Persatuan Seniman Batak Bekasi Fissa Manurung di Bescem PSBB Lapo Seniman Cibitung usai latihan Persiapan, Senin /21/12/2020.
Ketua Umum Persatuan Seniman Batak Bekasi Fissa Manurung di Bescem PSBB Lapo Seniman Cibitung usai latihan Persiapan, Senin /21/12/2020.
Bagikan :

Jakarta – Kliktodaynews.com Persatuan Seniman Batak Bekasi ( PSBB) merencanakan akan melaksanakan Pagelaran Seni Budaya Batak Lima Puak Di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, hal ini dikatakan Ketua Umum Persatuan Seniman Batak Bekasi Fissa Manurung di Bescem PSBB Lapo Seniman Cibitung usai latihan Persiapan, Senin /21/12/2020.

” Dibawah naungan perkumpulan Persatuan Seniman Batak Bekasi dan dukungan seluruh anggota, kita berharap acara ini nantinya dapat berjalan sesuai rencana,” ucap Fissa Manurung selaku ketua umum psbb.

Ditambahkan Fissa, diera kemajuan teknologi dan pengaruh budaya luar membuat budaya Batak kurang diminati kaum muda, padahal budaya Batak itu sendiri sangat di kagumi negara negara lain, ” banyak generasi muda Batak yang kurang peduli lagi terhadap budayanya, untuk itulah PSBB bertekad untuk mengenalkan budaya Batak kepada kaum milenial melalui pagelaran seni, vestival dan pelatihan, kita berharap bahwa generasi muda Batak peduli dengan budayanya sendiri dan bertanggung jawab untuk melestarikannya.” Ucapnya.

Ditempat yang sama Natanael Purba selaku wakil ketua menyampaikan bahwa peran kaum milenial sangat dibutuhkan untuk melestarikan, mempertahankan serta memperkenalkan budaya Batak kepada suku suku lainnya.

Baca Juga :  Bedah Calon Ketua KONI: Inilah Daftar Misi Marciano Norman


” PSBB akan mendorong kaum milenial untuk lebih mencintai budaya Batak agar budaya Batak tidak punah dan tergerus oleh pengaruh budaya luar ,maka dalam hal ini PSBB akan mengadakan pelatihan kepada anak usia sekolah dasar, ” ujar Natanael Purba.

Disinggung terkait rencana pagelaran seni Batak yang akan dilaksanakan di TMII Jakarta Timur, Ketua Umum Fissa Manurung menjelaskan akan dilaksanakan pada akhir Januari apabila masalah covid berakhir.

” kita berharap agar covid – 19 segera berakhir sehingga acara pagelaran seni budaya Batak Lima Puak yang Kita rencakan pada akhir Januari tahun 2021 bisa terlaksana, kita akan segera membentuk tim panitia ” jelasnya

Adapun acara yang akan dilaksanakan adalah tarian ( Tor – Tor) Batak Toba, Batak Simalungun , Batak Karo Batak Pakpak,dan Batak Mandailing serta lagu dan peragaan busana adat dari lima Puak.( Tomson Sagala / Paris Purba)

Bagikan :