Kominfo Buka Blokir Steam, CS Go, Dota, dan Yahoo, Bagaimana Nasib PayPal?

Ilustrasi pemblokiran internet(Shutterstock)
Bagikan :

JAKARTA – Kliktodaynews.com|| Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebelumnya memblokir platform digital yang tidak melakukan pendaftaran dan mematuhi aturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Pemblokiran platform digital yang tidak melakukan pendaftaran hingga tenggat akhir dilakukan mulai Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB tadi malam.

Adapun aplikasi yang sempat diblokir Kominfo adalah Yahoo, Blokir Steam, CS Go, Dota

Informasi terkini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya resmi mencabut blokir Steam, Counter-Strike Global Offensive (CS GO), dan Dota.

Pencabutan blokir tidak hanya pada ketiga platform game tersebut. Pemerintah juga menormalisasi Yahoo, yang berarti warga Indonesia sudah bisa menjelajah internet di layanan mesin pencarinya.

Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA). Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini.

“Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut,” kata Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo dilansir dari kumparan, Selasa (2/8).

Baca Juga :  Jonan Pastikan Tak Ada Kenaikan Tarif Dasar Listrik

Sementara platform game lainnya, Epic Games dan Origin, terpantau masih belum bisa diakses di Indonesia.

PayPal sudah kontak Kominfo

Sementara Paypal diklaim sudah berkomunikasi dengannya. Kominfo mengatakan perusahaan asing itu akan segera mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dalam waktu dekat.

“Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.”

Sebelumnya, Kominfo sudah membuka sementara blokir PayPal per Minggu (31/7). Pembukaan blokir dilakukan menyusul desakan dari masyarakat yang aktif menggunakan PayPal.

Blokir tersebut dibuka selama lima hari kerja mulai Minggu (31/7) pukul 08.00 WIB pagi. Artinya, batas terakhir imigrasi saldo Paypal masyarakat adalah Jumat (5/8).

Masyarakat diminta dapat memanfaatkan masa itu untuk melakukan migrasi dananya yang ada di Paypal. (TING/KTN)

Bagikan :