Ketua Umum STS Rahmat Purba: Kabupaten Humbahas Butuh Pemimpin yang Peduli Dengan Seni dan Budaya

Bagikan :

JAKARTA – Kliktodaynews.com|| Pilkada serentak akan digelar 2024 mendatang, termasuk di Humbang Hasundutan ( HUMBAHAS ).

Sejumlah tokoh mulai bermunculan dan siap maju menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan ( HUMBAHAS ) pada pemilu serentak yang akan digelar 2024 mendatang.

Menyikapi mulai munculnya kandidat – kandidat calon bupati dan calon wakil bupati di Humbang Hasundutan (Humbahas) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024, salah satu putra daerah Humbahas, pemerhati seni dan budaya, Rahmat Purba angkat bicara.

Rahmat Purba yang juga Ketua Umum Seniman Toga Simamora, menyoroti minimnya kepedulian kepala daerah pada bidang seni dan budaya dibanding bidang politik dan ekonomi. Akibatnya seni dan budaya di Humbahas tidak mengalami perkembangan.

Padahal, kata Rahmat Purba, potensi kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Humbahas bisa menjadi salah satu faktor pendukung mendatangkan wisatawan ke Humbahas.

Sebagai putra daerah Humbahas diperantauan, Rahmat Purba mengharapkan kedepan bidang seni dan budaya harus menjadi prioritas, apa lagi Humbahas sudah merupakan salah satu pintu gerbang menuju ke kawasan destinasi wisata Danau Toba.

Baca Juga :  Satgas Bolehkan Buka Puasa Bersama, Asal Tidak Mengobrol

” Khusus para kandidat – kandidat calon bupati dan calon wakil bupati yang sudah muncul dan menyatakan akan maju di Pilkada Serentak 2024, kita minta agar menggali dan mengembangkan seni budaya di Humbahas masuk ke dalam visi dan misi yang akan ditawarkan kepada masyarakat,” harap Rahmat Purba.

Sebagai Ketua Seniman Toga Simamora, Rahmat Purba menegaskan potensi seni dan budaya di Humbahas cukup besar untuk dikembangkan sebagai atraksi untuk menarik wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

“Kita harus mulai inventarisir potensi budaya-budaya yang ada, Kalau kita bicara budaya kita memiliki banyak budaya, kita juga memiliki banyak situs prasejarah,peninggalan jaman dahulu yang harus kita gali, kita lestarikan dan pelihara. Kehidupan budaya sekarang tidak terlepas dari kehidupan masa lalu begitu juga seni dan budayanya. Seni dan budaya sekarang berasal dari seni dan budaya masa lalu,” jelas Rahmat Purba .

“ Humbang Hasundutan ini kan salah satu destinasi seni dan budaya yang ada di Sumatera Utara , untuk menarik minat wisatawan kita butuh Pemimpin yang peduli dengan Seni dan budaya itu sendiri mulai dari Bupati dan Ketua DPRD nya hingga jajaran pimpinan yang lain sehingga memudahkan perngembangannya,”kata tegasnya.

Baca Juga :  Rusunawa Paspampres Dilengkapi Tempat Parkir Panzer dan Helikopter

Rahmat Purba mengatakan, para kandidat juga perlu menyadari potensi seni dan budaya di Humbahas ini.
Dengan adanya atraksi budaya yang dikemas secara baik dan rutin digelar untuk pariwisata akan menambah keuntungan ekonomi bagi rakyat Humbahas. Tegasnya. ( RED )

Bagikan :