Korea Utara Menguatkan Kepemimpinan Kim dengan Ikrar Sumpah Setia di Hari Ulang Tahunnya

Bagikan :

Pyongyang-Kliktodaynews.com|| Menurut sebuah laporan dari sebuah lembaga riset Korea Selatan, warga Korea Utara baru-baru ini diwajibkan untuk mengucapkan sumpah setia pada hari ulang tahun pemimpin mereka, Kim Jong Un, yang merupakan kejadian pertama sejak ia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011. Gerakan ini merupakan salah satu langkah yang diterapkan oleh negara tersebut untuk menguatkan otoritasnya.

Dilansir dari Anews, Untuk pertama kalinya sejak pemimpin Kim Jong Un berkuasa pada tahun 2011, warga Korea Utara diwajibkan mengambil sumpah setia pada hari ulang tahunnya, kata sebuah lembaga riset Korea Selatan, di tengah-tengah langkah-langkah lain yang diambil negara itu untuk menguatkan kekuasaannya.

Sumpah kesetiaan diikrarkan pada hari ulang tahun ke-40 Kim pada tanggal 8 Januari, menurut South and North Development Institute (SAND), sebuah organisasi berbasis di Seoul yang merilis foto-foto sumpah tersebut dalam sebuah map berornamen pada hari Jumat.

Korea Utara tidak pernah secara resmi mengkonfirmasi tanggal lahir Kim, dan secara tradisional upacara sumpah semacam itu telah diadakan pada hari ulang tahun ayah dan kakeknya, penguasa sebelumnya di negara bersenjata nuklir itu.

“Pilihan Kim Jong Un untuk menyelenggarakan upacara sumpah setia pada hari ulang tahunnya yang ke-40, saat ia memulai periode ke-13 berkuasa, menandakan pergeseran ke arah ketegasan politik, yang berbeda dengan pendekatan para pendahulunya,” ujar SAND dalam sebuah analisis.

Direktur SAND, Choi Kyong-hui, mengatakan kepada Reuters bahwa Korea Utara bisa saja menetapkan hari ulang tahun Kim sebagai hari peringatan resmi paling cepat tahun depan.

Dinasti keluarga Kim telah memerintah negara ini sejak didirikan setelah Perang Dunia Kedua, mengukuhkan cengkeraman mereka pada kekuasaan dengan membangun kultus-kultus pribadi di sekeliling mereka.

Untuk pertama kalinya tahun ini, Korea Utara berhenti menyebut tanggal 15 April sebagai hari kelahiran pemimpin pendiri Kim Il-sung sebagai “Hari Matahari”, menurut sebuah agen wisata Barat yang memiliki mitra di Pyongyang, dan para analis yang mengamati media pemerintah.

“Kita harus melihat ini sebagai bagian dari upaya Korea Utara untuk lebih meningkatkan kampanye propaganda kepemimpinan Kim Jong Un,” kata Rachel Minyoung Lee dari program 38 North yang berbasis di Washington, tentang keputusan untuk membatalkan “Hari Matahari.”

Dia mencatat bahwa meskipun upaya semacam itu bukanlah sesuatu yang baru, hal itu terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun, dengan Korea Utara yang terlihat meningkatkan upaya untuk mempermainkan kepemimpinan Kim pada tahun-tahun tertentu.

Kim juga telah memamerkan putrinya dalam kunjungan resmi ke berbagai tempat, mulai dari kunjungan ke sejumlah pabrik hingga peluncuran rudal, yang menurut para analis bertujuan untuk memperkuat klaim kekuasaan keluarganya.

Bulan lalu, Korea Utara merilis sebuah lagu baru yang menampilkan warga Korea Utara dari berbagai latar belakang, mulai dari anak-anak hingga tentara dan staf medis yang dengan gembira meneriakkan kalimat-kalimat seperti: “Mari bernyanyi, Kim Jong Un pemimpin yang hebat” dan “Mari kita banggakan Kim Jong Un, ayah yang menyenangkan”. (Wtg)

Bagikan :