Bupati Adipati : Salah Satu Solusi Mengatasi Sampah Platik Adalah Dengan Mendaur Ulang

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pelatihan Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan di Aula Kampung Donomulyo Kecamatan Banjit, Senin (12/02/2024).
Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com|| Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pelatihan Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan di Aula Kampung Donomulyo Kecamatan Banjit, Senin (12/02/2024).

Disampaikan oleh Bupati Adipati bahwa sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena kantorng plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam, selain itu jumlahnya yang cenderung semakin banyak. Dari data Kementerian LHK, jumlah timbulan sampah Nasional mencapai angka 65 juta ton per hari, dari jumlah tersebut 16% merupakan sampah plastik.

“Begitu banyaknya sampah plastik yang dihasilkan tanpa adanya pengguna dan penanganan yang bijak dapat mengakibatkan kerusakan pada lingkungan hidup. Permasalahan sampah menjadi problema klasik yang selalu dihadapi oleh masyarakat dimanapun berada, tak terkecuali di Kabupaten Way Kanan”, ujar Bupati Adipati.

Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan sampah plastik adalah dengan melakukan kegiatan daur ulang. Untuk itu, Bupati penerima Piala Adipura Tahun 2018 itu juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan di Kabupaten Way Kanan. dimana kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih dan memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dan remaja yang ada di Kecamatan Banjit dan Kecamatan Kasui tetang cara memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan untuk menambah pendapatan keluarga.

Baca Juga :  Meningkatkan Ketahanan Pangan, Polisi di Way Kanan Tanam Cabai

“Kegiatan ini juga untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menciptakan usaha sampingan yang dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah. Saya atas nama pribadi dan Pemkab Way Kanan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada narasumber guna mentransfer ilmunya untuk masyarakat Kabupaten Way Kanan dalam hal pemanfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan”, lanjutnya.

Dirinya juga berpesan kepada narasumber agar kiranya dapat memberikan materi seluas-luasnya dan yang mudah untuk dipahami oleh peserta, dan kepada peserta pelatihan, Bupati juga berpesan agar dapat mengikuti pelatihan dan bimtek tersebut dengan serius sampai dengan waktu yang telah ditentukan.

Hadir pada acara tersebut Ketua II TP PKK Kabupaten, Ny. Vorian Melita Saipul, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Pimpinan Kecamatan Banjit dan Kecamatan Kasui. ( suin/KTN)

Bagikan :