Tim Kabupaten Lakukan Penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) Tahun 2023 di Pekon Tigajaya

Tim Kabupaten Lakukan Penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon(EPP)Tahun 2023 Di Pekon Tigajaya
Bagikan :

Lampung Barat – Kliktodaynews.com|| Tim Kabupaten melakukan penilaian dan evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat di Pekon tiga jaya mewakili empat pekon satu dan Satu kelurahan, di Kecamatan Sekincau Tahun 2023, Senin (6/3/2023).

Dari pantauan Media ini di lokasi hadir ketua tim EPP Tingkat Kabupaten Desmon Irawan, S.T., dan rombongan, Camat Tenong sekincau “Andi cahyadi , kepala puskesmas sekincau, tim kesehatan, Peratin Se-kecamatan sekincau, LHP, pendamping desa, Kepala sekolah,SD dan SMP, Bhabinkantibmas, dan Bhabinsa.

Seperti diketahui EPP dilaksanakan dalam rangka menentukan keberhasilan perkembangan pekon, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP).

Dalam sambutannya, Ketua Rombongan (EPP)Tingkat Kabupaten Desmon Irawan, S.T mengungkapkan, EPP yang dilaksanakan saat ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, dan tingkat provinsi serta puncaknya tingkat nasional.

Menurutnya, EPP adalah evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat pekon yang bersangkutan, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong masyarakat.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan EPP setiap tahunnya, kita berharap kegiatan ini bukan sekedar rutinitas saja, akan tetapi merupakan tolak ukur meningkatkan keberhasilan pembangunan di pekon masing-masing serta menggali potensi potensi sumberdaya yang ada di pekon dengan dilakukannya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat pekon,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Desmon menghimbau agar pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program guna mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera, salah satunya adalah keseriusan dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP.

Menggerakan Organisasi, pelaksanaan EPP dapat dilaksanakan dengan petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2023 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri ( Mendagri) Republik Indonesia.

“Dasar pelaksanaan EPP ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan,” ucapnya

Dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah pekon serta mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing pekon sesuai dengan kemampuan.

Kemudian, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi.

Begitu juga di sampaikan Peratin tiga jaya Subandi SE, berharap apa yang telah ditampilkan bukan tersebut dalam (EPP) mampu memberikan yang terbaik untuk Kecamatan sekincau, “Jika memang apa yang kita laksanakan ini mendapatkan nilai yang baik tentunya kita siap untuk melanjutkan kegiatan ke jenjang berikutnya. Namun demikian semua ini kita serahkan sepenuhnya kepada tim penilai Kabupaten sebab dengan penilaian ada indikator-indikator penilaian,” tandasnya.

Diketahui dalam rangka penilaian lomba pekon juga di meriahkan Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan program ketahanan pangan serta usaha Kelompok Wanita Tani (KWT) tergabung dari empat Pekon di kecamatan sekincau, dan juga Posbindu dari Puskesmas sekincau pengecekan gula darah, serta pemeriksaan tekanan darah. (SB/KTN)

Bagikan :