STAR dan KP2S Batubara Produksi Hand Sanitizer Sendiri

Bagikan :

Batubara-Kliktodaynews.com Virus Corona yang menjadi ketakutan didunia saat ini menjadi perhatian khusus Srikandi Tangguh Batu Bara (Star). Meski hanya sebagai organisasi level kabupaten namun tidak menyurutkan tekad srikandi-srikandi yang tergabung dalam Star untuk mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Batu Bara.

Ditengah kondisi sulitnya mendapatkan hand sanitizer, Star bekerjasama dengan Komunitas Pemuda Peduli Sosial (KP2S) diketuai Irhan Guntara memutuskan memproduksi dan mendistribusikan pembersih tangan guna meminimalisir penyebaran Virus Corona atau Covid 19.

Demikian rangkuman pembicaraan Ketua Star Batu Bara Wan Azimah bersama Sekretaris Hervina di Lima Puluh Kabupaten Batubara, Jumat (28/3/2020).

Dijelaskannya Wan Azimah, untuk muwujudkan niat mereka yang kebetulan didukung kepiawaian Sekretaris Star Hervina Rahmadani yang merupakan alumni Kimia Farmasi USU tersebut, para srikandi muda Batu Bara tersebut belajar otodidak dengan bantuan internet.

Sedangkan biaya yang diperlukan untuk memproduksi hand sanitizer sesuai standar WHO, para srikandi mengumpulkan bantuan dari para dermawan yang memiliki kepedulian terhadap sesama.

Bahan baku alkohol 96%, gliserin, H2O2 dan Aquades diramu sesuai takaran untuk menghasilkan hand sanitizer yang dapat membunuh bakteri atau virus yang lengket di tangan.

Baca Juga :  RAPAT PARIPURNA DPRD DAN PEMKAB TOBASA BERAKHIR. ANGGARAN APBD Rp.1,143 TRILIUN DAN 4 PERDA


Karena efek alkohol dapat membuat kulit menjadi keras dan kaku, Star menambahkan gliserin yang berfungsi melembutkan kulit.

Adapun manfaat hand sanitizer dikatakan Hervina dapat membersihkan tangan untuk menghindari paparan resiko penyebaran Covid 19.

Untuk mendistribusikan hand sanitizer yang diberikan kepada masyarakat secara gratis, Star memfungsikan relawan Star dan KP2S hingga kedesa desa.

Wan Azimah mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya baru dapat meproduksi 400 botol hand sanitizer.

“Karena keterbatasan dana, kita baru bisa produksi 400 botol. Karena itu kami mohon uluran tangan dermawan untuk memberikan bantuan agar kami dapat meproduksi hand sanitizer sebanyak-banyaknya”, katanya.

Hasil produk mereka diapresiasi Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis yang telah membawa sampel produk ke Kapoldasu. (STAF07/KTN)

Bagikan :