Sekda Saipul Buka Bimtek Bagi Petugas Pendataan Petani Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2024

Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Acara Bimbingan Teknis Bagi Petugas Pendataan Petani Pekebun Kepala Sawit Tahun 2024 di Aula Dinas Perkebunan, Selasa (20/02/2024).
Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com|| Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Acara Bimbingan Teknis Bagi Petugas Pendataan Petani Pekebun Kepala Sawit Tahun 2024 di Aula Dinas Perkebunan, Selasa (20/02/2024).

Disampaikan bahwa di Kabupaten Way Kanan, Kelapa Sawit merupakan salah satu komoditi unggulan disektor perkebunan. Hal tersebut tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan Kabupaten Way Kanan Tahun 2021-2026 selain kopi, karet, tebu dan lada. Pada Tahun 2023 luas lahan perkebunan sawit rakyat di Kabupaten Way Kanan lebih kurang 14.189 Ha dengan luas tanaman sawit yang menghasilkan lebih kurang 11.697 Ha dan produksi lebih kurang 27.779 Ton.

Komoditi kelapa sawit memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan roda perekonomian masyarakat Way Kanan saat ini, hal ini disebabkan karena banyaknya petani pembudidaya tanaman kelapa sawit serta harga hasil komoditi kelapa sawit yang cukup menjanjikan. Sehingga saat ini banyak petani di Kabupaten Way Kanan melalukan alih fungsi lahan pertanian ke perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga :  Wabup Ali Rahman Hadiri Rakerda DPTD PKS Way Kanan Tahun 2022

Dalam rangka mengetahui tentang potensi yang sebenarnya perkebunan kelapa sawit khususnya perkebunan sawit milik masyarakat di Kabupaten Way Kanan, maka dibutuhkan pendataan dengan cara terjun secara langsung ke lapangan. Namun, tentu saja petugas pendataan sebelum turun ke lapangan harus dibekali pengetahuan sehingga nantinya daya yang terhimpun lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan teknis tentang cara penghimpunan data di lapangan kepada peserta bimtek, memberikan pemahaman tenang cara pengolahan dan penginputan data perkebunan sawit di Kabupaten Way Kanan kepada peserta bimtek, serta peserta memahami dan dapat menghimpun data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Acara tersebut diikuti oleh 33 orang Pendamping Perkebunan, 15 orang Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan, serta Kepala Bidang dan Fungsional lingkup Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan. Dengan narasumber dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Pusat Statistik (BPS) dan SMK Banjit Kabupaten Way Kanan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Dinas Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Pusat Statistik. ( suin./KTN)

Bagikan :