Persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024, Ini yang akan Dilakukan Sat Lantas Polres Pematangsiantar

Kasat Lantas Pematangsiantar, AKP Gabriellah A. Gultom, SIK, MH
Bagikan :

PEMATANGSIANTAR – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara semakin dekat, Kota Pematangsiantar menjadi salah satu tuan rumah untuk cabang olahraga tinju. Tentu berbagai persiapan mulai dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar termasuk oleh Sat Lantas Polres Pematangsiantar yang dimana kegiatan ini akan digelar pada 10 s/d 19 September 2024.

Kasat Lantas Pematangsiantar, AKP Gabriellah A. Gultom, SIK, MH mengatakan persiapan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari kesiapan personel, arus lalu lintas, pengaturan hotel, hingga rute bagi tim kontingen atlet dan panitia serta segala aspek pengamanan lainnya yang harus siap untuk menunjang kelancaran event olahraga nasional ini.

Salah satu langkah yang telah diambil adalah pembenahan jalur yang akan dilalui oleh tim panitia, kru dan atlet dari Medan masuk ke Pematangsiantar dan dari hotel tempat menginap hingga ke venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Siantar Jalan Merdeka, kata Kasat Lantas Pematangsiantar (Jumat 26 Juli 2024).

Persiapan pihak Polres Pematangsiantar dalam menyambut event bergengsi ini tidak hanya sebatas pembenahan jalur yang akan dilalui para atlet dan kru, tetapi juga memaksimalkan upaya dalam menekan angka pelanggar lalu lintas dijalan. Hal ini terwujud dalam bentuk Operasi Patuh Toba 2024 yang bertujuan menciptakan arus lalu lintas Kota Pematangsiantar yang aman, nyaman dan lancar sehingga memberi dampak positif khususnya dimata para pendatang peserta PON.

Strategi pengamanan lalu lintas pun telah disusun secara matang meliputi pengawalan, penentuan jalur lintas peserta, hingga rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat PON berlangsung yang bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk memasang spanduk-spanduk himbauan perubahan jalur jalan.

Kami juga memberi teguran dan himbauan kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas agar akses jalan yang dilalui tim tidak terjadi kemacetan.

Sementara itu, pembangunan Gedung Olahraga (GOR) di lantai 5 gedung mall baru di Kota Pematangsiantar masih berlangsung. Diharapkan pada bulan September 2024 gedung ini sudah siap dan dapat digunakan untuk pertandingan tinju.

“Kami bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk mengatur alur masuk dan keluar sehingga tidak menimbulkan kemacetan baik didalam maupun diluar Gedung Olahraga (GOR) Pematangsiantar”.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, Kota Pematangsiantar siap menyambut para atlet dan panitia PON XXI Aceh-Sumut 2024 dan memastikan kelancaran dan kesuksesan event olahraga nasional ini. (wk/KTN)

Bagikan :