Kades Aek Bottar Anggarkan Dana Perbaikan Jembatan Rambing Sebesar 200 juta, Masyarakat Beri Apresiasi

Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com|| Pemerintah Desa Aek Bottar Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara kuncurkan dana Desa sebesar Rp.200.000.000.- bersumber dari APBDes Tahun Anggaran 2024 untuk perbaikan jembatan gantung (Rambing) di Desa Aek Bottar.

Jembatan Rambing sebagai urat nadi Desa yang lama dikeluhkan masyarakat dan lama tidak di perbaiki dan sudah sangat memprihatikan, berdasarkan musyawarah Desa yang telah dilaksanakan Pemerintah Desa bersama masyarakat mengganggarkan perbaikan jembatan tersebut.

Kepala Desa Aek Bottar, Suwardi Budialan Meha yang diwawancarai awak media menjelaskan, “perbaikan jembatan tersebut menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2024  sebesar Rp 200 juta,” jelasnya pada Senin (8/4/2024) di Aek Bottar.

Katanya, ” jembatan itu sangat membutuhkan perbaikan untuk menunjang mobilitas masyarakat desa, yang selama ini kita akui begitubsangat berbahaya melintasi jembatan dimaksud, diharapkan setelah selesainya perbaikan dan dapat bermamfaat guna kepada masyarakat dan menjadikan ekonomi masyarakat Desa tumbuh dan bangkit dengan baik,” harapnya.

Menurutnya, “rehab jembatan tersebut sangat didukung penuh oleh masyarakat. “Kami senang melihat dampak positif yang dihasilkan,” akunya.

Sementara salah seorang masyarakat yang mengaku bernama Rusdi Panggabean (55) sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengelontorkan dana kesetiap Desa yang ada di Indonesia ini dan termasuk Desa Aek Bottar,” ucap Rusdi.

Katanya lagi, ” semoga dengan direhapnya jembatan Rambing itu memudahkan kami masyarakat melintasi penyeberangan jalan ke kebun kami.Karena selama ini sangat sulit dilintasi terutama saat musim hujan,” terangnya.

Menurutnya, lancarnya transportasi membuat roda perekonomian desa berputar lebih kencang. “Peluang ekonomi lebih terbuka karena perdagangan dan distribusi hasil pertanian meningkat,” pukasnya.

Pemerintah Dasa Aek Bottar bersama sejumlah aparat desa saat di lokasi jembatan gantung ini menjelaskan, anggran dana desa untuk 2024 tahap pertama ini memang dialokasikan sebagian untuk perbaikan Jembatan.

Disamping itu juga , Pemerintah Desa telah mengkuncurkan Dana Desa (DD) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada sejumlah masyarakat penerima manfaat untuk tahap pertama yang langsung di bagikan sebesar 900 ribu untuk bulan Januari , Februari, dan Maret 2024.

Disamping itu Kepala Desa Aek Bottar, Suwardi Meha juga menambahkan, ” berdasarkan musyawarah dan menyepakati anggaran dana sebesar untuk perbaikan jembatan gantung, dan untuk pemberdayaan sendiri juga di alokasikan intensif Kader Posyandu,Guru Paud dan Guru mengaji serta guru sekolah Minggu di desa ini,” terang Suwardi.

Kepala Desa muda ini juga menerangkan,” bantua untuk Lansia dan Balita serta Ibu Hamil juga kami alokasikan Anggaran dari dana desa tahun 2024 ini dan sudah kita realisasikan,” jelasnya.

“Untuk tahap triwulan pertama ini, kita sudah membagikan makanan tambahan bagi Balita, Susu untuk Bumil dan penambahan Gizi juga makanan tambahan bagi Lansia,” tandasnya.(HP).

 

Bagikan :