Bupati Tapteng Akui Masih Ada ASN Tidak Netral, Joneri Sihite Dukung Mutasi Sejumlah SKPD 

Keterangan fhoto kiri : Pj Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta (sebelah kiri) serahkan tong sampah kepada SMPN 1 Badiri. Keterangan foto Kanan : Joneri Sihite dukung sikap tegas Pj Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta.
Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com|| Penjabat Bupati Tapanuli Tengah, Dr.Sugeng Riyanta mengakui masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah yang mendukung salah satu Partai Politik dan meski Peraturan dan Perundamg-undangan dan Instruksi Bupati sudah disebar luaskan, bahkan setiap kegiatan juga telah disampaikan agar ASN dan Kepala Desa dan jajarannya agar netral di Pemilihan Umum mendatang.

Pernyataan ini disampaikan Penjabat Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta diacara pemberian Piagam penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada SMPN 1 Badiri atas prestasi meraih piala Adiwiyata Mandiri pada Jumat (8/12/2024) kemarin lalu.

Kata Sugeng usai acara itu dengan mengatakan, “memang masih ada oknum ASN yang ditemukan masih Badung dan keras kepala dan tidak patuh dengan aturan tentang pelarangan ASN terlibat Politik, bahkan sudah ada instruksi yang saya terbitkan selaku Bupati Tapteng yang menyatakan ASN supaya netral dan namun ada melanggar.Saat ini oknum itu sedang diperiksa Inspektorat”, ungkap Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta.

Mantan Aspidsu Kajatisu ini menegaskan, bila ada lagi oknum ASN yang terlibat politik dan mendukung salah satu parpol, maka saya tidak segan-segan menindak sesuai Perundang-undangan, dan saya tidak akan main-main dalam penegakan hukum selama dirinya Penjabat Bupati Tapteng.

“Maka saya tidak akan memberikan toleran terhadap ASN dan tidak akan memberikan bantuan hukum kepada ASN yang melanggar aturan dan perundang-undangan baik itu surat edaran instruksi yang telah saya terbitkan, tentang netralitas ASN dan Kepala Desa dan jajarannya dalam pelaksanaan Pemilu, Pilpres dan Pemilu Kepala Daerah secara serentak pada 2024”, tegas mantan Wakajati Babel ini.

“Sejak saya penjabat Bupati Tapteng, saya sudah tau semuanya persoalan Tapteng ini.Baik soal ASN dan Kepala Desa dan walau mereka didepan saya mengatakan siap, nyatanya mendukung salah satu Parpol.Apabila nantinya tidak netral maka tindakan tegas akan saya berikan”, ungkapnya.

Di singgung soal akan ada rotasi jabatan, Sugeng menyebutkan,” bisa saja ada pergantian atau rotasi jabatan hal itu merupakan tunangan ASN, mungkin ada yang mau pensiun sehingga perlu mengisi jabatan tersebut, atau ada oknum yang dinilai tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, maka layak untuk dimutasi demi pelayanan yang baik bagi masyarakat”, tegas Bupati Tapteng itu.

Ditempat terpisah Joneri Sihite yang diminta tanggapannya melalui telpon genggamnya pada Minggu (10/12/2023) menyebutkan, ” mari kita mendukung kinerja Penjabat Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Tapteng agar bersih dan beribawah”, ujar Ketua DPD II Partai Golkar Tapteng.

“Disamping itu kita harapkan kepada ASN Pemkab Tapteng dan Kepala Desa beserta aparatnya agar netral dalam Pemilu, Pilpres dan Pilkada secara serentak pada tahun 2024 mendatang”, imbuhnya.

“Kita juga sangat mendukung Pj Bupati Tapteng segera melakukan mutasi di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang dinilai tidak mampu mengabdi kepentingan masyarakat dan melainkan mengabdi kepada kepentingan mantan Bupati Tapteng yang juga selaku pejabat teras Partai Politik”, tegasnya.(HP).

Bagikan :