Positif Covid-19, Seorang Guru di Kabupaten Toba Meninggal Dunia

Penguburan dilakukan secara Protokoler Kesehatan Jumat (18/08/2020) sekira pukul 10.00 WIB
Penguburan dilakukan secara Protokoler Kesehatan Jumat (18/08/2020) sekira pukul 10.00 WIB
Bagikan :

Toba – Kliktodaynews.com SATU warga di duga terindikasi Covid 19 meninggal dunia dan kebumikan secara Protokoler Kesehatan di Dusun Pandumaan Desa Batu Manumppak Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Jumat (18/08/2020) sekira pukul 10.00 WIB

Kapolres Tobasa AKBP Akala Fikta Jaya SIK melalui Kapolsek Habinsaran yang diwakili Kanit Reskrim IPTU H Rajagukguk dalam rilis press yang disiarkan Kasubbag Humas Polres Tobasa AIPTU Khairudin Sukri Yanto kepada kliktodaynews menjelaskan kasus pasien meninggal dunia terindikasi Covid 19 ini.

Berawal dari laporan kepala Desa Batu Manumppak via selular kepada Polsek Habinsaran yang menyebut pasien atas nama E br S (39) tenaga guru honor daerah di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Dusun Pandumaan, warga Dusun Pandumaan Desa Batu Manumppak Kecamatan Nassau Kabupaten Toba, sudah meninggal dunia. Ungkap Humas.

Di bawah pengamanan pihak Polsek Habinsaran, pelaksanaan penguburan dilakukan sesuai dengan Protokol Kesehatan yang di pimpin langsung Ketua Bidang Pelaksana Tugas dr. Fransiska Marpaung . Sebelum pemakaman, petugas yang berwenang dilengkapi dengan Protokol Kesehatan.

“Pelaksanaan Penguburan dilakukan dengan aturan Kesehatan dan masyarakat tidak ada yang Komplin dan pihak keluarga dapat menerima.

Baca Juga :  Kapolres Tobasa AKBP Akala Fikta Jaya S.IK. Gelar Apel Perdana di Halaman Mapolres Tobasa


Dalam pelaksanaan prosesi, sebelum diberangkatkan ke lokasi pemakaman, peti jenazah terlebih dahulu di semprot desinfektan. Ujar Humas

Pada kesempatan itu, muspika setempat menghimbau semua pihak keluarga yang ada di dalam rumah bersama pasien (kontak langsung) sebelumnya akan di karantina (isolasi) menggunakan biaya Desa dari Dana Desa khusus Covid 19 guna antisipasi penyebaran virus.

Hadir dalam proses pemakaman, Camat Nassau bapak T. Sipahutar, mewakili Kapolsek Habinsaran Kanit Reskrim IPTU H. Rajagukguk, mewakili Dan Ramil 15/HBS Serda Yayat, Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Puskesmas Nassau dr Fransiska Marpaung didampingi Staff, Kades Nassau Duri Albert Simangunsong, Tokoh Agama dari Dusun Pandumaan serta keluarga pasien meninggal dunia.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Siti Nuraya Sirait saat dikonfirmasi crew kliktodaynews membenarkan pasien E br S dari hasil pemeriksaan Swab RT-PCR Covid 19 di RSU Adam Malik Medan dinyatakan Positif yang hasilnya keluar pada 11 September 2020. Ujar Siti Nurbaya Sirait, Jumat (18/09/2020) sekira pukul 15.04 WIB.

“Pihak keluarga dan terkontak langsung sudah kita edukasi untuk isolasi mandiri. Petugas sedang melakukan Conract Tracing di Dusun tersebut demi mengetahui sebaran virus. Ujarnya lagi.
Baca Juga :  Cabuli Keponakan Selama 8 Tahun, Komnas Perlindungan Anak : Ketua Panwascam Narumonda Layak Dihukum 20 Tahun dan Dikebiri


Berikut data penyebaran Covid 19 di Kabupaten Toba yang di terima dari Sekdis Kesehatan Siti Nuraya Sirait. Terkonfirmasi Positif lama: 6 orang, terkonfirmasi positif baru dan meninggal dunia : 1 orang dari Kecamatan Nassau.

TOTAL LAPORAN HINGGA SAAT INI: Konfirmasi Positif: 6 Orang dengan rincian: Dari Kecamatan Ajibata 1 orang dirawat di RSUD Porsea, Kecamatan Balige 1 orang dirawat di RS Martha Friska Medan.Kecamatan Siantar Narumonda 1 orang dirawat di RSUD Porsea, Kecamatan Parmaksian 2 orang Dirawat di RS Murni Teguh Medan, Kecamatan Bonatua Lunasi 1 orang di rawat Di RSMurni Teguh Medan.

Padien Suspect ada 8 orang dengan rincian; Dari Kecamatan Parmaksian 1 orang, Kecamatan Balige 1 orang, Kecamatan Ajibata 1 orang, Kecamatan Sigumpar 1 orang, Kecamatan Nassau 1 orang, Kecamatan Lumban Julu 2 orang serta dari Kecamatan Habinsaran 1 orang.

Untuk pasien Probable nihil, sedang Kontak erat ada 158 orang dengan rincian dari Kecamatan Nassau ada 15 orang, Kecamatan Siantar Narumonda 31 orang, Kecamatan Ajibata 60, Kecamatan Balige 27 orang serta Kecamatan Parmaksian 25 orang. (DNM/KTN)

editor: ALDY/KTN
Bagikan :