Pos Basarnas Danau Toba Di Ajibata Diresmikan

Peresmian Pos Basarnas Danau Toba di Ajibata
Peresmian Pos Basarnas Danau Toba di Ajibata
Bagikan :

Ajibata-Kliktodaynews.com Badan SAR Nasional (Basarnas) meresmikan Kantor Pencarian dan Pertolongan, Rabu (11/03/2020). Kantor Pencarian dan Pertolongan yang terletak di Ajibata tepatnya berdampingan dengan pelabuhan Ferry Ajibata. Desa Pardamean Ajibata,Kecamatan Ajibata,Kabupaten Tobasa

Wakil Bupati Toba Ir. Hulman Sitorus yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengaku meski menjadi kantor pelayanan wilayah Kabupaten Toba dan sekitarnya, Pemkab Toba telah berkoordinasi dengan Basarnas agar dapat bersinergi.

Kita sudah koordinasi bahwa akan ada sinergi untuk penanggulangan bencana, Ketika terjadi bencana di wilayah kabupaten Toba dan sekitarnya maka unit pelayanan ini akan membantu, begitu juga sebaliknya,” terang Hulman

Sementara itu Wakil Bupati Toba, Ir Hulman Sitorus mengapresiasi pembangunan Gedung Pos Basarnas di Ajibata dan berharap tim Basarnas dapat meningkatkan pelayanan keselamatan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

“Syarat-syarat keselamatan di Danau Toba sudah lengkap, semoga kunjungan wisatawan ke Danau Toba semakin meningkat yang bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Hulman mengatakan, lahan berdirinya gedung BNPP merupakan hibah dari Pemkab Toba.

Baca Juga :  Penebangan Kayu Pinus di Desa Silamosik I Diduga Tanpa Ijin


“Pada tahun 2018 lalu Pemkab Toba menghibahkan tanah 8500 meter sebagai bentuk dukungan Pemkab Toba kepada BNPP. Kurun waktu setahun, gedung ini sudah berdiri dan kita bangga atas berdirinya gedung BNPP ini,” pungkas Hulman.

Kepala BNPP Marsdya Bagus Puruhito dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dianta Bangu menyampaikan keberhasilan penyelengaraan operasi pencarian dan pertolongan ditentukan tiga pilar utama, sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkompeten, sinergitas dan potensi SAR, dan sarana prasarana yang memadai.

Saat ini, kata Dianta, Basarnas memiliki 43 unit yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya Kantor SAR Medan yang saat ini telah memiliki prasarana dua gedung pos Basarnas, di kawasan Danau Toba tepat di sekitar Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba dan Tanjung Balai yang berfungsi mendukung operasional SAR selama 24 jam dalam pelayanan keselamatan masyarakat dan turis pada kecelakaan pesawat udara, kapal, fase tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia.

Pada kesempatan itu pula, Kapolres Toba AKBP. Agus Waluyo SIK kepada kliktodaynews bahwa dengan peresmian kantor Basarnas ini tidak ada lagi kecelakaan Kapal angkutan orang atau orang tenggelam di Danau Toba dan semua masyarakat akan mudah meminta bantuan kepada mereka bila ada kejadian di sekitar Danau Toba.
Baca Juga :  Satu Orang Warga Paindoan Positif Covid-19


Himbauan Bagi Masyarakat Toba agar secepat mungkin melaporkan kejadian di sekitar Danau Toba kepada Basarnas sehingga mereka bisa menanganinya dengan cepat untuk keselamatan,ujar Agus Waluyo

Peresmian Gedung ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo.Sik, Kapolres Humbahas AKBP Rudi Hartono.Sik, Direktur Sarana Prasarana Marsdya.TNI.Bagus puruhito, S.E.,M.M yg mewakili Marskal TNI Agus Sudarmanto, Direktur Oprasi Basarnas Brigjen TNI Untung Budiharto, Direktur Bina Potensi Basarnas I. Ketut Parwa – Kepala biro perencanaan Basarnas Moh. Barokha Haula, Wakapolres Taput Kompol A. Rambe, DIANTA BANGUN selaku Sekretaris Utama Basarnas, Kepala Basarnas Danau Toba Oto. A. Tambunan, Kadis Pariwisata Tobasa, Camat Ajibata, Kades Pardamean Ajibata dan Insan Pers ( DNM/KTN )

Bagikan :