Polres Toba Yang Promoter Siap Amankan Agenda Kambtibmas 2020

Bagikan :

Toba – Kliktodaynews.com Peran Bhabinkamtibmas Polres Toba dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, AKP Saudarman Sinaga, hadiri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan tahun 2020 dan memberikan imbauan Protokol kesehatan kepada peserta di Aula Kantor Camat Lumban Julu, Rabu (02/12/2020) sekira pukul 10.30 Wib

Kegiatan ini di hadiri oleh Kakesbang Pol Kabupaten Toba M Siagian, Danramil 17/Balige Kapten P. Pardede, Kasat Binmas AKP Saudarman Sinaga, Danramil Lumban Julu Lettu Sati Hasaini, Camat Lumban Julu, Perwakilan dari Kecamatan Uluan, Pintu Pohan, Kecamatan Parmaksian, Kecamatan Porsea, Kecamatan Ajibata, Kecamatan Lumban Julu, Kecamatan Siantar Narumonda, Kecamatan B. Lunasi, Kecamatan Lumbam Julu, Tokoh masyarakat dan Insan Pers.

Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan tahun 2020 diselengarakan oleh Kesbangpol Kabupaten Toba dengan tema “MELALUI PENGUATAN EMPAT PILAR KEBANGSAAN KITA SUKSESKAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK TAHUN 2020.”

Hadir di tengah peserta rapat Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH yang mewakili Kasat Binmas AKP Saudarman Sinaga berkesempatan memberikan pesan imbauan kamtibmas secara humanis. Agar peserta Sosialisasi ini, sebelum memasuki ruangan wajib memakai masker dan menjaga jarak saat beraktivitas, memcuci tangan dengan sabun, hand sanitiser. “Selain itu, yang lebih utama marilah kita senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan banyak berdoa, agar Covid-19 ini cepat berakhir dan tidak mewabah lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  Cabuli Keponakan Selama 8 Tahun, Komnas Perlindungan Anak : Ketua Panwascam Narumonda Layak Dihukum 20 Tahun dan Dikebiri


Dalam sosialisasi dan pemberian materi tentang wawasan kebangsaan Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH yang mewakili Kasat Binmas AKP Saudarman Sinaga di temui kliktodaynews.com di sela-sela kegiatannya menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam paparannya menyebutkan wawasan kebangsaan di maknai sebagai cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang di landasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI guna mewujudkan cita cita dan tujuan berbangsa dan bernegara. Komitmen kebangsaan bertujuan agar setian WNI memiliki pemahaman dan kemampuan untuk mengebangkan pengetahuan, sikap dan ketampilan dalam mengimplementasikan nilai nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI.

Kesadaran bela negara “Jaman Now” bagi setiap warga negara adalah Hak dan sekaligus Kewajiban untuk menghadapi hambatan, ancaman, tantangan dan gangguan yang sedang di hadapi bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang, sebagaimana pasal 27 (3) dan pasal 30 (1) UUD 1945.

Kasat Binmas Polres Toba AKP S.Sinaga mengatakan “Bela negara bisa dilakukan secara fisik dan non fisik, kalau secara non fisik bisa dengan memberikan atau saling berbagi ilmu serta pengetahuan” Katanya
Baca Juga :  Warga Toba Tidak Dilarang Buka Warung


Harapan kepada masyarakat dalam bela negara antara lain mempunyai rasa ikut memiliki negeri ini dan terpanggil untuk ikut serta dalam upaya bela negara. Menolak dan memberantas penyebaran dan paham yang bertentangan dengan nilai nilai Pancasila dan UUD 1945.

“Tujuan dan sasaran wawasan kebangsaan adalah mewujudkan bangsa yang kuat, rukun, bersatu dan berbudaya sangat tinggi”, jelasnya.

Hal ini, dimaksudkan agar generasi muda dan warga masyarakat khususnya Kabupaten Toba bisa mengenal Bangsa Indonesia lebih dekat lagi, dengan begitu diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme yang lebih besar lagi kepada NKRI.

“Wawasan kebangsaan penting dilakukan guna menangkal adanya paham-paham radikalisme dan terorisme yang bisa saja merasuk dalam kehidupan masyarakat serta mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara”, pungkas AKP S.Sinaga

“Selain itu juga untuk mewaspadai peredaran dan penyalahgunaan narkoba yg saat ini sangat meresahkan serta merusak perilaku, watak, serta sikap generasi muda yang berdampak pada kehidupan masyarakat,bangsa dan negara” tutup Kasat Binmas Polres Toba AKP S.Sinaga

“POLRES TOBA YANG PROMOTER SIAP AMANKAN AGENDA KAMTIBMAS TAHUN 2020.” ( DNM/KTN )

Bagikan :