Kabupaten Toba Kota Ke 20 Gelar Workshop Kata Kreatif

Bagikan :

TOBA – Kliktodaynews.com|| Bupati Kabupaten Toba Ir Poltak Sitorus menghadiri Workshop Kata Kreatif yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Rabu (19/07/2023)

Workshop Kata Kreatif Indonesia ini merupakan program prioritas dari Kementrian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif yang dimana membangun strategi pengembangan dari Desa ke Kota dengan memperkuat daerah dan Desa dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan strategi ekonomi domestik.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kota Balige Kabupaten Toba yang merupakan lokasi ke-20 dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Danau Toba memiliki potensi besar pada sektor Ekonomi Kreatif yaitu pada subsektor. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia Kota Balige Kabupaten Toba

Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Work Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia adalah pelaku ekonomi kreatif yang berada di Kota Balige Kabupaten Toba dengan jumlah peserta sebanyak 100 (seratus) pelaku ekonomi kreatif.

Dalam sambutannya, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus mengucapkan Selamat Datang buat Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Toba

Baca Juga :  Hadiri Raimuna, Ini Pesan Wabup Tonny Simanjuntak

Saat ini Kata TOBA ada artinya pak yaitu Tempat Orang Berwisata Asyik, ucap Bupati Poltak Sitorus

Harapan kita atas kedatangan bapak Sandi agar semua teman-teman kita yang ikut workshop ini nanti dapat inspirasi yang baru bagaimana menciptakan produk-produk kreatif

Terima kasih atas kehadiran Bapak Sandi di Kabupaten Toba saat ini. Kami sangat berharap bapak bisa memotivasi kami untuk membangun tempat kita ini Kabupaten Toba benar-benar Tempat Orang Berwisata Asik, ungkapnya

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan Mengatasi krisis ekonomi global ini dengan kekuatan yang kita miliki yaitu pariwisata dan ekonomi kreatif 6 kali lipat kemampuan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menciptakan lapangan kerja makanya kita fokus bagaimana program-program kita kita Arahkan untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024 ada program apresiasi kreasi Indonesia kata kreatif dan Anugerah desa wisata Indonesia inilah yang ingin saya sampaikan

Untuk mendukung perubahan wisatan dari rombongan Rohali menjadi rombongan wisatan Rojali, Sandiaga Uno meminta para pelaku UMKM menerapkan 3 -si, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi. “Produk-produk ini harus berinovasi dengan kemasan yang bagus. Produk-produk bapak-ibu sekalian harus beradaptasi dengan digitalisasi. Sekarang sudah jamannya era digital. Kolaborasi, jangan bersaing sesama pengusaha UMKM tapi kita justru bergandengan tangan,” lanjut Sandiaga Uno.

Selain penerapan pola 3 -si, para pelaku UMKM juga harus menerapkan 3G, yakni Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap semua potensi). “Gercep, harus gerak cepat. Jadi kalau punya usaha restoran, hotel harus gerak cepat. Tapi gercep saja tidak bisa, harus juga Geber, gerak bersama. Gerak bersama pemerintah, bersama media dan komunitas. Kemudian harus Gaspol, garap semua potensi yang ada termasuk potensi online,” ujarnya lagi.

Baca Juga :  Kapolres Toba Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama Hari Ini

Untuk mendukung terwujudnya kebiasaan wisatawan dari Rohali menjadi Rohali, pemerintah juga akan mendukung melalui pembangunan Pusat Kreasi Destinasi Periwisata (PKDP) dengan mekanisme Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 5.754.250.000., yang akan mulai dibangun pada 21 Juli mendatang di Desa Tambunan Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Di hadapan para peserta, Sandi mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Toba agar terus berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Hal itu dbuktikan denga fakta bahwa pencipta lapangan pekerjaan terbanyak di Nusantara berasal dari sektor UMKM.

Hadir dalam Workshop Kata Kreatif Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Direktur Infrastuktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto, BPODT Jimmy Panjaitan, Sekda Kabupaten Toba Augus Sitorus, Kapolres AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Rusti Hutapea, Kadis Kominfo Toba Sesmon Butar-butar dan seluruh OPD Kabupaten Toba. ( RM )

Bagikan :