Endang Budi Karya: Peningkatan UMKM Salah Satu Jalan Pemulihan Perekonomian Akibat Pandemi Covid-19

Kunjungan kerja Ibu Endang Budi Karya selama 2 hari, pada hari Kamis dan Jumat (15 - 16 Okt 2020), The Kaldera Toba Nomadic Escape",
Kunjungan kerja Ibu Endang Budi Karya selama 2 hari, pada hari Kamis dan Jumat (15 - 16 Okt 2020), The Kaldera Toba Nomadic Escape",
Bagikan :

Toba – Kliktodaynews.com Kapolres Toba AKPB Akala Fikta Jaya S ik MH di dampingi oleh Kapolsek Lumban Julu AKP Robinson Sembiring hadiri giat kunjungan kerja Ibu Endang Budi Karya ( Istri dari Menteri Perhubungan RI ) beserta rombongan, The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kamis (15/10/2020) sekira pukul 14.30 Wib

Dalam Kunjungan kerja Ibu Endang Budi Karya selama 2 hari, pada hari Kamis dan Jumat (15 – 16 Okt 2020), The Kaldera Toba Nomadic Escape”, menerangkan bahwa selain sebagai upaya peningkatan ilmu pelaku UKM di Kabupaten Toba. Kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu jalan memberikan pemulihan trauma dan penyemangat bagi masyarakat kabupaten Toba terhadap anjloknya perekonomian akibat Pandemi Covid-19.

Adapun Rombongan yang datang ke The Kaldera Toba Nomadic Escape” bersama Ibu Endang Budi Karya, Ibu Ni Putu Gede Pasek, Ibu Andajani Sugihardjo, Ibu Suheni Agus, Ibu Wahyu Novi, Ibu Andi Hartono, ADC Ibu EBK, ADC Ibu Novi dan ADC Ibu Jojo.

Setibanya Ibu Endang Budi Karya beserta Rombongan di Bandara Silangit, sekira pukul 10.10 Wib, langsung di sambut oleh Ibu Lis Budi Setiadi, Ibu Dan Lantamal Belawan (Mewakili ibu Vero), Ibu Pangdam I Bukit Barisan, Ibu Dan Lanut Soebondo, Ibu Neneng Yani, Ibu Putu, Sesditjen Hubbad, Ka. BPTD Wil 2 Sumut dan GM. AP II. Cab. Bandara Silangit.

Sementara itu, Ibu Endang Budi Karya membuka langsung kegiatan tersebut menyampaikan bahwa keadaan saat ini, memberikan dampak yang luar biasa untuk pelaku pengusaha kecil dan pengrajin. Sehingga tidak mudah untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

“Kita juga perlu mengaspresiasi usaha pemerintah dalam memberikan peluang pelaku usaha untuk meningkatkan kreativitas yang tinggi dan juga bagaimana cara bergerak dalam kondisi seperti ini,” ujarnya.

Ibu Endang menilai bahwa kerajinan di Kabupaten Toba menjanjikan dan dapat menjadi suatu kerajinan dengan standar dan kualitas cepat dan mencapai target untuk masuk dalam pasar, sehingga dapat menjadi suatu kekuatan ekonomi masyarakat.

“Untuk pelaku usaha, semoga bisa mencapai target dan sukses menjadi usaha menengah kecil yang berkualitas dengan produk barangnya bisa memberi dampak positif bagi masyarakat,” pungkasnya

Dalam sambutannya di hadapan peserta, Ibu Endang Budi Karya meminta seluruh pelaku usaha meningkatkan kompetensi dan kemampuan manajerialnya untuk menghadapi ketatnya persaingan di dunia usaha.

Kapolres Toba AKPB Akala Fikta Jaya S ik MH dalam Kunjungan kerja Ibu Endang Budi Karya
Kapolres Toba AKPB Akala Fikta Jaya S ik MH dalam Kunjungan kerja Ibu Endang Budi Karya
Selanjutnya, Endang Budi Karya menyampaikan, saat ini Indonesia sudah mulai memasuki era 4.0. Untuk itu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para perajin lokal untuk menembus pasar internasional. Antara lain dengan menggunakan teknologi informasi yang banyak tersedia saat ini.

“Indonesia saat ini telah menapaki era 4.0, ini harus kita manfaatkan dengan baik, karena digitalisasi dapat menerobos hambatan waktu dan jarak dalam berbisnis. Untuk itu Dekranas mendorong penjualan produk kerajinan dengan platform online, sehingga dapat memperluas pemasaran produknya hingga internasional,” ujar Endang.

Untuk memajukan sebuah usaha dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni dari para pelaku usaha tersebut. Pelatihan kewirausahaan yang tepat dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan soft-skill dari para pelaku usaha, tidak hanya para pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), namun juga pengusaha pemula dan para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya

Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat kabupaten Toba khususnya para pegiat usaha. “Mudah-mudahan bapak ibu semua yang mendapatkan pelatihan bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ujar Ibu Endang Budi Karya

Terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu terjadinya sinergitas kegiatan dalam Pelatihan UMKM dengan Dekranasda Pusat dan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara. Saya sampaikan selamat melakukan kegiatan pelatihan selama 5 hari. Semoga bermanfaat dan bisa memberi semangat juga dan memberi peningkatan pada kualitas kita semua ,” tutup Ibu Endang Budi Karya.( JOS/KTN )

Bagikan :