Efek Virus Corona, Ada Peraturan Baru Jika Ingin Bertamu Ke Kantor Bupati Toba

Bagikan :

Toba-Kliktodaynews.com Kewaspadaan di Kantor Bupati Toba, Sumatera Utara kian diperketat seiring meningkatnya kasus positif Covid-19, yang ditetapkan sebagai bencana nasional non alam.

Seluruh pegawai dan pungunjung, seperti yang terpantau Rabu (18/3/2020), diwajibkan melewati pemeriksaan oleh tim medis dari UPT Puskesmas Soposurung Balige menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh (thermogun) dan cuci tangan dengan cairan poli clean.

Menurut petugas medis, Junita Simanjuntak, suhu tubuh yang aman adalah 35 hingga 37 °c, sementara suhu tubuh di atas 37°c akan disarankan memeriksakan kesehatan ke pusat kesehatan terdekat. “Kita ditugaskan dari Puskesmas Sopo Surung untuk melakukan pemeriksaan selama 14 hari sesuai instruksi dari Bupati dan Kadis Kesehatan Toba,” kata dia.

Pemeriksaan ini sudah dilakukan sejak Selasa (17/3/2020). Dari hasil pemeriksaan, belum ditemukan orang dengan suhu tubuh di atas 37°c. “Proteksi ini kita lakukan untuk pencegahan dini penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemkab Toba,” pungkas Junita

Dalam mengantisipasi Penyebaran Covid -19, Pemerintah Kabupaten Toba  meliburkan siswa TK – SMP mulai dari tanggal 20 Maret 2020 sampai dengan 3 April 2020.

Hal itu merupakan kesepakatan antara Forkopimda Toba dengan elemen masyarakat  yakni Tokoh Agama, Tokoh Adat dan undangan lainnya yang berlangsung di lantai IV Balai Data Kantor Bupati Toba , Rabu, (18/3/2020).

Bupati Toba Darwin Siagian, Ketua DPRD Toba Efendi Napitupulu, Kapolres Toba AKBP. Agus Waluyo SIK, Dandim 0210/TU, Kejari Toba Robinson Sitorus, Kepala BPD Toba Pontas Batubara, Kadis Kesehatan Toba Juliwan Hutapea hadir dalam rapat tersebut,Forkopimda dan Insan Pers

Baca Juga :  PT Toba Pulp Lestari Lakukan Pengaspalan Jalan di Desa Pardomuan


Bupati Toba dalam sambutannya tentang pencegahan dan kewaspadaan penyebaran penyakit corona virus disease menghimbau agar jangan panik dan tidak menyebarkan informasi yang belum tentu benar.  Cuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir sesering mungkin. Meningkatkan pola hidup sehat dan batasi menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan. Menerapkan etika batuk dan bersin ( menutup dengan tissu atau dengan lengan bagian belakang). Membataai interaksi dengan orang lain terutama orang sakit. Mengurangi kegiatan di tempat keraimaian dan memeriksakan diri dengan sukarela ke fasilitas kesehatan apabila mengalami indikasi batuk, pilek dan sesak napas.

Kadis Pendidikan Parlinggoman Panjaitan menjelaskan sehubungan libur tersebut mengharapkan para guru sudah memberikan tugas kepada siswa sesuai sillabus melalui media elektronik lainnya.

Mulai besok pada hari Kamis (19/03/2020)  guru diminta untuk memberikan tugas sesuai RPP  dan dengan melalui media elektronik lainnya, dan tanggal 20 Maret sampai 03 April 2020 siswa diliburkan” ujarnya.

Harapannya agar semua siswa selama liburan tidak main main dan tidak jalan-jalan. “Kita harapkan peran kita semua terutama orang tua untuk sama-sama mengarahkan anak-anak kita untuk tetap belajar di rumah,” jelasnya.
Baca Juga :  Ayah Pencabul Anak Kandung Kabur dari Toba Ditangkap di Jakarta, Akui 10 Kali Cabuli Putri Kandungnya


Kapolres Tobasa AKBP AGUS WALUYO S.IK melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukriyanto menjelaskan kepada kliktodaynews bahwa setiap Kegiatan Keagamaan tetap bisa dilaksanakan tetapi dengan syarat ada pantauan dari Tim Kesehatan Toba

Sholat Berjamaah di Mesjid,Sholat Jum’at agar membawa Sajadah masing-masing dari rumah

MTQ yg akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 maret 2020 tetap dilaksanakan dan mengenai peserta Qori-Qoriah akan di batasi (Peserta dari luar tidak di perkenankan ikut MTQ) dan termasuk kegiatan di Gereja-gereja disiapkan alat pengukur panas antisipasi Virus Corona covid-19.

Lanjutnya, Posko-Posko penanganan Virus Corona Covid-19 ini sudah di bentuk yaitu,Kantor dinkes, RSUD Porsea ,RSU HKBP Balige dan seluruh siswa Paud TK, SD, SMP dan SMA di liburkan.Sedangkan tempat Keramaian dan tempat Hiburan di tutup dari tgl 20 Maret sampai 3 April 2020.Setiap instansi Pemerintah tetap berjalan seperti biasa.

Kapolres berharap untuk penanganan Virus Corona Covid-19 ini harus ada kerja sama semua lapisan agar bisa mencegah penyebaran nya untuk itu patuhilah aturan tatacara pencegahannya untuk kita semua, semoga Allah SWT Tuhan yang maha esa memberikan perlindungan dan Hidayah nya kepada kita semua.

Untuk penanganan Virus ini dapat menghubungi nomor di bawah ini 082176286800,081362424196, 081370721344, 081376801022 ( DNM/KTN )

Bagikan :