“Breaking News” Tenaga Kesehatan di Toba Disuntik Vaksin Covid-19 Secara Bertahap

Bagikan :

Toba – Kliktodaynews.com Dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea, Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, pada hari ini melakukan vaksinasi terhadap 30 orang tenaga kesehatan untuk setiap harinya yang bertugas, Senin (08/02/2021) sekira pukul 08.30 Wib hingga pukul 15.00 Wib

Dalam tahap pertama ini dilakukan secara bergilir atau setiap hari, dalam satu hari setiap naskes diberikan maksimal 2 seasion, dalam 1 seasion terdiri dari 15 penerima, guna melakukan observasi paska diberikan vaksin jenis Sinovac selama 30 menit.

Vaksinasi jenis Sinovac dilakukan langsung terhadap para tenaga kesehatan, pasalnya para nakes yang sering dan langsung berinteraksi dengan para pasien di lapangan.

Dari 986 orang tenaga kesehatan (nakes) penerima vaksin di Toba, terdapat 106 nakes yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Porsea penerima vaksin Sinovac itu, hari ini vaksinasi mulai dilakukan, demikian juga tenaga kesehatan yang lain di 20 fasilitas kesehatan diseluruh Kabupaten Toba.

Pencanangan vaksinasi hari ini merupakan tahap pertama, dimana Pemkab Toba masih menerima data nakes penerima vaksin sebanyak 986 dari Komite Penanganan Covid Dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), dari 1.411 orang data nakes yang sudah dikirimkan, jadi untuk tahap pertama nakes yang akan divaksin masih sebanyak 986 orang.

Baca Juga :  Bhakti Sosial Reuni Akbar AKABRI 1995/Bima Sakti


Anthony Manurung kepada awak media menuturkan bahwa jumlah keseluruhan nakes di rumah sakit pemerintah toba itu sebanyak 241 orang, terdiri dari dokter spesialis sebanyak 21 orang, dokter umum 6 orang, dokter gigi 2 orang, perawat PNS 39 orang, perawat honor 20 orang, bidan honor 29 orang, managemen 24 orang, tenaga penunjang 31 orang dan honor lainnya sebanyak 47 orang.

Namun untuk vaksinasi tahap pertama masih 106 nakes yang akan menerima vaksin, sesuai data yang diterima dari Diikes Toba, tandasnya Anthony

Pelaksanaan vaksinasi melalui beberapa tahap yaitu tahap pendaftaran tahap skrening, tahap penyuntikan Vaksinisasi, tahap observasi dan terakhir yaitu peserta menunggu selama 30 menit untuk mengetahui efek Vaksinisasi yang telah disuntikkan.

Sementara itu, salah satu nakes dari Rumah Sakit Umum Porsea dr.Rintar Pardosi kepada kliktodaynews.com melalui pesan WhatssApp sekira pukul 12.00 Wib, setelah lolos screening dan mendapat suntik vaksin sinovac menuturkan rasanya seperti suntik imunisasi waktu kecil. Nakes dr. Rintar Pardosi juga mengimbau kepada masyarakat tidak usah takut dengan vaksin sinovac.
Baca Juga :  101 Pegawai dan Staf Pemkab Toba Dirapid Tes Antibodi, Ini Alasannya


Namun terlepas dari itu, setelah mendapatkan suntikan vaksin, bukan berarti kita lengah, lalai dan merasa normal dalam menjalani kehidupan sehari-hari, menjalankan protokol kesehatan yaitu menerapkan 3 M yang menjadi standar baku dalam mencegah penularan Covid-19 mutlak tetap kita lakukan, yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak, termasuk menghindari kerumunan, Kata dr.Rintar Pardosi. ( DNM/KTN )

Bagikan :