Wakil Bupati Tobasa Melakukan Kunjungan ke Desa Hutanamora Silaen, Ada Anak Yang Mengalami Stunting Sebanyak 3 Orang

Wakil Bupati Tobasa Bapak Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke Desa Hutanamora ,Silaen  dalam rangka  Evaluasi dan monitoring penggunaan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) , pembangunan dan  bantuan yang telah  diterima dari anggaran APBD Tobasa tahun 2019, Hari Rabu  pagi, (20/11/2019).
Wakil Bupati Tobasa Bapak Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke Desa Hutanamora ,Silaen  dalam rangka  Evaluasi dan monitoring penggunaan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) , pembangunan dan  bantuan yang telah  diterima dari anggaran APBD Tobasa tahun 2019, Hari Rabu  pagi, (20/11/2019).
Bagikan :

Tobasa-Kliktodaynews.com Wakil Bupati Tobasa Bapak Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke Desa Hutanamora ,Silaen  dalam rangka  Evaluasi dan monitoring penggunaan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) , pembangunan dan  bantuan yang telah  diterima dari anggaran APBD Tobasa tahun 2019, Hari Rabu  pagi, (20/11/2019).

Wakil Bupati Bapak Hulman Sitorus dalam Bimbingan Evaluasinya mengatakan  perlunya partisipasi masyarakat dalam membangun desa supaya meningkat mutu pekerjaan demi percepatan kesejahteraan rakyat.

Wakil Bupati bertanya kepada Masyarakat apakah dana desa itu di pergunakan untuk memberdayakan masyarakat  melalui upah kerja sebesar 30% ? masyarakat kompak menjawab  benar.

Selanjutnya Wabup Hulman  minta kadis PMD dan Camat Silaen untuk lebih memperhatikan Desa Sitorang, untuk kemajuan desa ini kedepan.

Wabup juga mendapat laporan ada anak yang mengalami stunting sebanyak 3 orang dan sudah di identifikasi. Wabup bertanya faktor penyebabnya ? Pihak pemdes menjawab kurangnya perawatan orangtua dan ayahnya  pergi ke Jakarta merantau,  selanjutnya Wabup  Hulman berpesan kepada Kepala Puskesmas Silaen dan Bidan Desa Hutanamora beserta Kades Hutanamora, untuk memperhatikan anak tersebut supaya segera tumbuh normal kembali.

Wabup  Hulman Sitorus juga berdialog langsung dengan masyarakat terkait bantuan yang sudah diterima, apakah sudah bisa membantu kehidupan sehari -hari, menyekolahkan anak-anak dan menjaga gizi seimbang anak.

Baca Juga :  SEMOGA AMANAH.. 103 KEPALA DESA DI KABUPATEN TOBASA RESMI DILANTIK


Selanjutnya Wabup Hulman mengapresiasi masyarakat atas pengunaan dana desa  yang sudah diterima selama ini, ” Banyak program pemerintah 4 tahun terakhir ini menyentuh kehidupan masyarakat dan tahun 2020  Desa Hutanamora akan mendapat bedah rumah sebanyak 20 unit”.

“Masyarakat harus bersyukur,  mari saling bekerjasama demi percepatan kesejahteraan, minta Tanamlah bibit jagung itu, kalau diberi Traktor supaya dipergunakan, yang mendapat program PKH  supaya dipergunakan untuk kepentingan anak dan hidup sehari -hari”.

Wabup Hulman Sitorus berharap masyarakat semakin banyak bersyukur dan jangan bersungut -sungut, pergunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya dan dana desa itu pergunakan untuk kemajuan masyarakat, katanya mengakhiri.

Kadis PMD dan PP Henry Silalahi menjelaskan bahwa maksud kunjungan Wabup ini adalah mengevaluasi desa dalam penggunaan DD, ADD dan dana -dana yang yang lain termasuk bantuan yang sudah diterima,  apa sudah  dipergunakan tepat sasaran, termasuk  apa saja hasil pembangunan yang sudah diterima rakyat,  upaya pemberdayaan masyarakat dan permasalahan stunting saat ini.

Camat Silaen Sediana Lumbanraja, adanya kurang kepeduliaan masyarakat untuk mau bergotongroyong, penyebabnya tidak mengetahui. Ujarnya singkat dihadapan Wakil Bupati Saat ditanyakan peran Kantor Camat Silaen terkait gotong royong pembersihan lingkungan.
Baca Juga :  Ribuan Warga Antarkan Jenazah Rojer Siahaan Korban Tawuran Kampus Nomensen Medan


Kepala Desa Hutanamora Ebeneser Panjaitan menjelaskan Tahun 2019  jumlah ADD sebesar Rp. 236.294.000,- dan Dana Desa (DD) Rp. 710.554.000,- dan BHP Rp.18.556.780,-  dan 30 % dana desa  tersebut dipergunakan untuk Upah kerja untuk masyarakat.

Dia menambahkan bahwa Desa Hutanamora mendapat PKH hanya 1 orang, selayaknya penerima PKH  selayaknya 30 orang datanya bisa dipastikan, ini menjadi perhatian bersama Pemkab Tobasa dengan Pemdes Hutanamora.  Sementara penerima raskin 33 orang.

Selanjutnya kebersihan lingkungan di upayakan  dengan Pemberdayaan masyarakat  melalui gotong royong, dan pihak Pemdes hanya menyediakan minuman dan snack, kata Kades Mengahiri

Pengelolaan BUMDES dilaksanakan tahun ini dengan unit usaha Simpan pinjam dan Token Listrik. Sedangkan untuk simpan pinjam yang bisa dilayani untuk masyarakat maksimal  sebesar 5 juta demikian disampaikan Plt. Direktur BUMDES Janter Panjaitan secara singkat.

Acara ini dihadiri Kadis Perindagkop Marsarasi Simanjuntak, Sekretaris Dinas Perkim Rihat Pasaribu, Sekretaris Dinas Pariwisata Armidah Sibarani, Sekretaris Dinsos Jerlin Sitorus, Sekretaris Dinas Pendidikan Parlindungan Naipospos, Kapus Silaen Posma Situmorang

Reporter : Jhoni Ompusunggu
Bagikan :