PEMKAB TOBASA MERESMIKAN SOPO PARGURUAN ( PERPUSTAKAAN )

Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian dalam sambutannya saat meresmikan Sopo Parguruan Bius Motung Siopat Marga dan menandatangani Nota Kesepahaman Antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dengan Bius Motong Siopat Marga di Desa Motung,Kecamatan Ajibata,Toba. (11/12/2019).
Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian dalam sambutannya saat meresmikan Sopo Parguruan Bius Motung Siopat Marga dan menandatangani Nota Kesepahaman Antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dengan Bius Motong Siopat Marga di Desa Motung,Kecamatan Ajibata,Toba. (11/12/2019).
Bagikan :

Bupati Tobasa : Dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk anak-anak Motung

Tobasa-Kliktodaynews.com Sopo Parguruan (perpustakaan) berfungsi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk anak-anak Motung. Demikian harapan Bupati Toba Samosir (Toba) Darwin Siagian dalam sambutannya saat meresmikan Sopo Parguruan Bius Motung Siopat Marga dan menandatangani Nota Kesepahaman Antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dengan Bius Motong Siopat Marga di Desa Motung,Kecamatan Ajibata,Toba. (11/12/2019).

Menurut Bupati Darwin, sarana belajar ini diyakini akan menciptakan anak -anak yang unggul.

“Sopo parguruan sebagai media anak anak belajar di luar jam sekolah sehingga SDM unggul bisa terwujud di Indonesia, Toba Samosir, khususnya Desa Motung ini,”kata Bupati Darwin menjelaskan

Ditambahkannya akses jalan dari Desa Motung menuju Ajibata akan segera dibangun, sekarang penyusunan desain dengan lebar 11 meter.

” Kalau ada yang mau kita raih harus ada pengorbanan,”sebutnya lagi.

Setelah peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Darwin, acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dengan Bius Motung Siopat Marga tentang kemitraan pengembangan di Desa Motung ,Kecamatan Ajibata.

Dalam penandatanganan itu mewakili Bius Motung yakni Sabar Manurung, BPODT diparaf oleh Bambang (Direktur Keuangan), dan Bupati Toba Darwin Siagian.

Humas BPODT Jonang Sitorus menjelaskan nota kesepahaman ini sudah melalui tahapan-tahapan perundingan.

“Terakhir 29 Nopember yang lalu utusan raja-raja Bius bersama pihak BPODT melakukan finalisasi secara detail juga pandangan-pandangan hukum maka nota kesepahaman ini sudah benar-benar merupakan pruduk kebersamaan dua belah pihak baik masyarakat melalui bius motung bergandengan tangan dengan BPODT bagaimana pemerintah mengembangkan kepariwisataan melalui BPODT, dan kesepakatan ini menguntungkan masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Hadir dalam kesempatan itu mewakili Raja Bius Manurung Sabar Manurung, mewakili Raja Bius Sitorus Maniur Sitorus,Mewakili Raja Bius Sirait Binson Sirait, Mewakili Raja Bius Ambarita Harijon Ambarita, Kades Pardomuan Motung Ridwan Manurung, Kades Motung Gomgom Manurun, masyarakat Desa Motung, dan masyarakat Desa Pardomuan Motung.

Turut hadir dalam acara, Kapolres Toba Agus Waluyo, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Toba Jhon Piter Silalahi ,dan udangan lainnya ( EDS/KTN )

Mewakili Raja Bius Manurung Sabar Manurung, mewakili Raja Bius Sitorus Maniur Sitorus,Mewakili Raja Bius Sirait Binson Sirait, Mewakili Raja Bius Ambarita Harijon Ambarita, Kades Pardomuan Motung Ridwan Manurung, Kades Motung Gomgom Manurun, masyarakat Desa Motung, dan masyarakat Desa Pardomuan Motung.
Bagikan :