Tiga Remaja Status Pelajar, Spesialis Pencuri Ternak Tertangkap di Taput

Bagikan :

TAPANULI UTARA – Kliktodaynews.com GAWAT. Meski masih berusia belia, tiga remaja pelajar SMP dan SMK ini telah mendapat predikat spesialis pencuri ternak.

Duh miris. Ketiganya, DL alias Ded (19) pelajar SMK, LH alias Leo (15) pelajar kelas I SMP, keduanya warga Dusun I dan Dusun II Desa Pagar Batu Kecamatan Sipoholon Tapanuli Utara (Taput) serta HM alias Ikal (16) pelajar kelas 1 SMK warga Desa Lobu Sunut Kecamatan Parmonangan Taput.

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Muhammad Saleh SIK.MM melalui Kasubbag Humas AIPTU Walpon Baringbing menjelaskan, ketiga pelaku di ringkus Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Parmonangan-Polres Tapanuli Utara, Selasa (02/02/2021) sekira pukul 00.30 WIB

“Dini hari itu, kata Walpon. Ketiga pelajar ini mengincar kerbau milik Nassi Manalu (57) warga Desa Lobu Sunut Kecamatan Parmonangan Taput, yang terikat di depan rumah korban”

Lanjut Walpon. Mereka beraksi menggunakan mobil Avanza nopol BB 1315 XB yang dirental siang hari untuk beroperasi malam. “Mereka tertangkap setelah menarik satu ekor kerbau milik korban yang saat itu sedang diikat di depan rumah korban.

Baca Juga :  Operasi Patuh Toba 2020, Polres Tapanuli Utara Lakukan 3 Tindakan


Aksi mereka. Diawali melepas tali ikatan kerbau lalu menarik sejauh tiga meter hendak di bawa ke tempat aman. Ungkap Walpon

Naas, saat hendak membawa kerbau hasil curian tiba-tiba tetangga korban, Rismali boru Purba terbangun lantaran mendengar lalu melihat aksi ketiga tersangka.

Saksi Rismali membuka pintu dan langsung berteriak, “Panakko Horbo… Panakko Horbo.. ” (pencuri kerbau)

Heboh. Teriakan Rismali membangunkan warga dan pemilik ternak. Para pelaku di kepung, DL dan LH tertangkap sedang pelaku HM berhasil meloloskan diri.

Kedua tersangka diamankan anggota Bhabinkamtibmas berkordinasi dengan Unit Reskrim. Keduanya langsung di boyong ke Polsek Parmonangan.

Dari hasil pemeriksaan, kedua tersangka mengakui perbuatannya. Mereka bertiga sudah berencana melakukan pencurian ternak namun tidak tertuju pada sasaran ternak jenis tertentu, yang pasti kalau ada babi, itu yang di curi atau ada anjing, ayam, kerbau dan sapi. Bila itu yang terlihat, itu yang di sikat. Jelas Walpon.

Melakukan pencurian jenis babi, anjing dan ayam ketiga tersangka sudah terbiasa . Saat beraksi pada malam itu tersangka melihat satu ekor kerbau yang strategis untuk disikat, sehingga mereka pun berusaha untuk mengambil.
Baca Juga :  Di Taput Warga Tidak Takut Covid 19, Ini Faktanya


Dengan kerja keras anggota Sat Reskrim Polsek, akhirnya tadi pagi Kamis (04/02/2021) tersangka HM berhasil dibekuk dari tempat persembunyiannya.

Saat ini dua tersangka sudah di tahan sedangkan satu tersangka yang masih baru ditangkap masih dalam pemeriksaan. Tutup Walpon (WB/KTN)

editor: ALDY/KTN

Bagikan :