Sungai Batang Toru Dinormalisasi PT NH

Bagikan :

Taput-Kliktodaynews.com|| PT NH (Nusantara Hidrotama) salah satu perusahaan yang peduli dengan lingkungan di Tapanuli Utara (Taput) gencar melakukan normalisasi sungai guna mengurangi resiko banjir.

Bahkan baru baru ini, pihaknya menormalisasi sungai Batang Toru di Daerah Kelurahan Onam Hasang, Kecamatan Pahae Julu.

Pantauan kliktodaynews normalisasi diawali dengan pengerukan sungai menggunakan alat berat.

Batu batu yang ada yang berhasil dikeruk dari dasar sungai itu ditumpuk disisi kiri – kanan sungai membentuk sebuah tanggul.

“Pengerukan dasar sungai dilakukan sepanjang beberapa kilometer dengan lebar antara 15-20 meter,” ujar Humas PT NH Risa Sitompul kepada sejumlah wartawan termasuk kliktodaynews Jumat (24/5).

Dia berharap dengan kegiatan normalisasi sungai tersebut dapat mengurangi resiko banjir sekaligus mendukung aktivitas masyarakat terhadap potensi luapan air sungai.

Risa Sitompul juga mengatakan, normalisasi merupakan agenda pihak PT NH dan bentuk perhatian mereka terhadap aspirasi dari petani dan warga di daerah itu.

“Jauh hari warga menyampaikan aspirasi terkait aliran sungai yang menyempit dan dangkal serta tertutup lumpur. Sehingga, jika musim hujan dapat menyebabkan banjir ke lahan pertanian,” ujarnya.

Agus Sitompul, maju , dan Landong antara lain warga sekitar mengaku bersyukur terhadap kegiatan normalisasi yang diprakarsai pihak perusahaan tersebut.

Menurut mereka kegiatan normalisasi sungai tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah ini.

“Saya mengaku senang, Pihak PT NH peduli terhadap lingkungan sungai ini. Mereka mengeruk dasar sungai juga melakukan perbaikan sisi kiri kanan sungai dengan membuat tanggul. Kami berharap perhatian PT NH ini tidak hanya berlangsung satu kali ini saja namun dapat dilakukan secara kontinu,” ujar Agus Sitompul selaku ketua BPD Lumban Jaean di amini Landong dan maju.(Sahata insan )

Bagikan :