Operasi Keselamatan Toba 2021 di Polres Taput, Kecelakaan dan Pelanggar Lalulintas Berkurang

Bagikan :

TAPANULI UTARA – Kliktodaynews.com ENAM hari berjalan, Polres Tapanuli Utara (Taput) rutin menggelar Operasi Keselamatan Toba Tahun 2021, menyampaikan himbauan ke tiap pengguna jalan (pengendara) agar memprioritaskan atau mengutamakan keselamatan serta tetap mentaati dan mematuhi aturan berlalulintas.

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Muhammad Saleh SIK.MM melalui Kasubbag Humas AIPTU Walpon Baringbing SH menyebut. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari dimulai dari 12 April 2021 sampai dengan 25 April 2021 mendatang.

“Setiap hari, dalam menggelar operasi di jalan raya, Polres Taput membuat sistem hunting atau berpindah pindah lokasi dengan sasaran semua jenis kendaraan dari roda, 2, roda 4 dan seterusnya.

“Selama operasi ini berjalan, personil yang bertugas di lapangan disarankan tidak melakukan penindakan berupa tilang. Karena dalam operasi ini yang di tekankan adalah menyampaikan himbaun apabila ditemukan pelanggaran lalu lintas. Begitu arahan dan petunjuk dari Mabes Polri hingga Polda Sumut”. Ungkap Walpon Sabtu petang (17/04/2021) kepada kliktodaynews.

Apabila ada ditemukan pelanggaran seperti contoh, tidak memakai helm. Pengendara kita hentikan secara humanis lalu sarankan kembali ke rumah untuk mengambil helm. Kemudian, apabila sepeda motor berbonceng tiga, cukup kita sarankan agar satu penumpang diturunkan baru melanjutkan perjalanan

Baca Juga :  Liber Lumbantobing Sempat Siuman dan Dilarikan ke RSUD Tarutung


Jadi tidak ada penindakan sama sekali selain himbaun saat operasi di jalanan. Kita juga membuat himbauan melalui spanduk, banner di jalan-jalan yang berisikan “Hati hati di Jalan, Utamakan Keselamatan dan Patuhi Aturan Berlalulintas” di tempat -tempat straregis serta di titik rawan kecelakaan juga kita buat kan tanda-tanda”. Jelas Walpon lagi.

Dari hasil analisa dan evaluasi setiap hari, operasi yang kita lakukan dengan himbaun ini hasilnya sangat efektif. Hal ini terbukti. Delama enam hari operasi sampai saat ini tidak ada kecelakaan yang terjadi di wilayah kita.

Selain kecelakaan, pelanggar aturan lalu lintas juga berkurang di lapangan seperti, yang tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari satu orang serta ugal-ugalan saat berkenderaan di jalan.

Saat melakukan operasi keselamatan dilapangan, personil turut menyampaikan himbauan agar pengguna jalan tetap mengikuti Protokol Kesehatan mengingat masa pandemi yang hingga saat ini masih belum berakhir supaya tetap menjaga diri.

“Semoga hingga operasi ini berakhir tidak ada peristiwa kecelakaan yang terjadi di wilayah kita”. Harap Kapolres disampaikan Kasubbag Humas (ALDY/KTN)
Baca Juga :  Bupati Taput Tanam Perdana 1.000 Pohon Aren

Bagikan :