Heber Katakan, Bisa Jadi Ada Pencurian Kayu di Hutan Desa Muara Tolang

Bagikan :

Taput-Kliktodaynews.com||  Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Heber Tambunan, Rabu (15/5/2024) menyebutkan bisa jadi ada pencurian kayu di hutan Kecamatan Simangumban tepatnya Desa Dolok Saut  yang bertapal batas dengan Desa Padang Mandailing Garugur.

“Bisa jadi, bisa jadi, tapi siapalah yang mengetahui wilayahnya disitu, patoknya saja tidak jelas,”sebut Heber.

Dikatakan Heber,untuk mengetahui tapal batas satu wilayah pihak Kementerian dapat melihat berdasarkan citra satelit

Dia juga mengungkapkan, merujuk Permendagri Tahun 2022 no 20 tentang tapal batas Kab.Taput dengan Tapsel. Di Kec.Simangumban, ada penambahan wilayah Tapsel menjadi wilayah Taput.

Dilaporkan,dalam pemberitaan sebelumnya Erijon Ritonga Kepala Desa Aek Saut,Kec.Simangumban,Kab.Tapanuli Utara(Taput),Sumut menyakini telah terjadi pencurian ataupun perambahan kayu secara besar besaran dari Muara Tolang tepatnya Hutan Batu Nabolon.

Dikatakan Erijon Jumat (3/5/2024) sesuai penelusuran tapal batas wilayah tahun 2021 bersama Heber Tambunan sebagai Kadis Lingkungan Hidup, Josua Situmeang Kabag Tata Pemerintahan
(Tapem) Kab.Taput pada saat itu serta Jefri Tampubolon Ajudan mantan Bupati Taput Nikson Nababan.
Diyakini , penebangan sudah masuk wilayah hutan Taput

“Sesuai penelusuran yang kami lakukan dengan Pak Heber, Pak Josua dan Pak Jefri penebangan itu sudah masuk kiri kanan hutan wilayah Kab.Taput,” ungkap Erijon

Erijon juga menceritakan,sudah pernah terjadi konflik antara warga Desa Dolok Saut Kab.Taput dengan Warga Desa Padang Mandailing Kab.Tapsel masalah Tapal Batas dan konflik itu sempat dimediasi kegubernuran Sumut. Namun sampai saat ini tapal batas antar dua wilayah belum jelas. (Sahata/KTN)

Bagikan :