Hati Hati!!! Hujan Lebat Seharian di Taput, Sebagian Titik Jalan Umum Tertimpa Longsor

Bhabinkamtibmas AIPDA James Siallagan proaktif dan langsung turun ke TKP dan berkoordinasi dengan kepala desa serta masyarakat sekitar untuk mengatasi material longsor.
Bhabinkamtibmas AIPDA James Siallagan proaktif dan langsung turun ke TKP dan berkoordinasi dengan kepala desa serta masyarakat sekitar untuk mengatasi material longsor.
Bagikan :

Tapanuli Utara – Kliktodaynews.com MENYIKAPI cuaca ekstrim, Kapolres Tapanuli Utara AKBP Muhammad Saleh SIK.MM menghimbau masyarakat khususnya pengguna jalan di wilayah Tapanuli Utara (Taput) agar tetap waspada dan hati-hati pada musim penghujan yang mengakibatkan beberapa ruas jalan tertimbun longsor.

Guyuran hujan deras sepanjang hari, Rabu (13/01/2021) di wilayah ini mengakibatkan tebing gunung (perbukitan) di tepi jalan umum menuju Kecamatan Parmonangan dan menuju Kecamatan Sipahutar mengalami longsor sehingga akses ke daerah tersebut tertimbun. Kenderaan sempat tersendat melintas karena terputus.

“Hujan deras melanda sejak siang hingga malam mengakibatkan ruas jalan umum tertimbun longsoran tanah”. Ujar Kapolres melalui Kasubbag Humas AIPTU Walpon Sembiring Kamis (14/01/2021)

Kata Walpon, Rabu sekira pukul 17.00 WIB, longsor terjadi di ruas jalan menuju Kecamatan Parmonangan tepatnya di Desa Horijon Ranggit. Jalan tersebut tertimbun tanah longsor tebing perbukitan sekitar lima meter.

Namun pada saat kejadian, petugas Bhabinkamtibmas kita, AIPDA James Siallagan proaktif dan langsung turun ke TKP dan berkoordinasi dengan kepala desa serta masyarakat sekitar untuk mengatasi material longsor.

Baca Juga :  Bupati Taput Tinjau Kembali Pembukaan Penerbangan di Bandara Internasional Silangit


“Uspika Kecamatan secara bersama-sama bergerak dan langsung melakukan penanganan dengan meminta bantuan alat berat dari PT Toba Pulp Lestari (TPL) guna membersihkan longsoran. Malam hari akses terbuka dan bisa dilintasi. Ujarnya.

Hal serupa di Desa Sidagal Kecamatan Siatas Barita. Ini merupakan lintasan umum menuju Kecamatan Sipahutar. Wilayah uni juga tertimbun tanah longsor sehingga akses jalan terputus total. Ungkap Walpon

Di daerah ini, Bhabinkamtibmas BRIPKA E. Sitanggang langsung turun ke TKP melakukan pengendalian bersama Uspika Siatas Barita langsung menghubungi unit alat berat Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Taput. Pembersihan dilakukan hingga malam untuk membuka akses.

“Kita tetap melakukan pemantauan, saat ini cuaca ekstrim di musim penghujan. Kedua jalan yang tertimbun longsor kemarin sudah terkendali dan kenderaan sudah mulai lancar.

“Kita menghimbau kepada pengguna jalan khususnya di wilayah Taput, tetap waspada dan hati-hati, dimana saat ini musim penghujan dan wilayah kita pun rawan longsor karena daerah pegunungan”. Himbau Kapolres disampaikan Humas (WB/KTN)

editor: ALDY/KTN
Baca Juga :  Akhirnya 3 Pelaku Pembobol Toko di Tarutung di Ringkus Polisi

Bagikan :