H+5 Idul Fitri, Volume Kendaraan Masih Tinggi, Kapolres Taput Turun dengan Kekuatan Penuh

Bagikan :

TAPANULI UTARA – Kliktodaynews.com||  H+5 Idul Fitri 1444 H, volume kendaraan masih tinggi melintas dari wilayah Kabupaten Tapanuli Utara.

Terpantau disepanjang jalan lintas Sumatera di wilayah Taput, kendaraan dari arah kabupaten Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah dan Kabupaten Humbang Hasundutan menuju medan ramai, namun arus lalu lintas masih terkendali.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi, S.I.K, M.H, melalui Kasat Lantas AKP Dahnial Saragih, SH, MH, Rabu, (26/04/2023).

Dahnial menegaskan, setelah arus mudik lebaran terpantau ramai melintas di wilayah Taput, Sat Lantas Polres Taput sudah mempersiapkan langkah pengendalian saat arus balik setelah perayaan lebaran.

Saat arus mudik minggu yang lalu terpantau ramai, salah satu pengalaman, untuk memetakan tempat yang terjadi macet lalu mencari solusi pengendalian saat arus balik.

Beberapa tempat penyebab terjadi nya sering macet , seperti saat hari pekan berlangsung, jalan sempit dan SPBU.

Untuk arus balik terhitung mulai minggu 23 april hingga hari ini rabu, 26 April 2023, wilayah Taput bisa terkendali dari kemacetan.

Salah satunya pengendalian yang dilakukan yaitu, kerja keras Tim Urai bekerjasama dengan Petugas Pos melarang mobil – mobil yang parkir di jalan sempit di pasar-pasar tradisional serta mengatur pengisian BBM di SPBU agar tidak saling berebutan.

“Bukan hanya anggota yang turut bekerja keras. Pimpinan kita yaitu Pak Kapolres Dan Waka Polres pun turut aktif turun kelapangan,” ujarnya.

Lanjutnya, mulai jam 6 pagi hingga pukul 23.00 wib, anggota sudah stand by di titik tersebut, supaya mobil yang ingin parkir bisa dihimbau dengan cara yang humanis serta mengarahkannya ke tempat yang nyaman agar tidak mengganggu kelancaran pengguna jalan lain.

Seperti hal nya yang terjadi pada Selasa, (25/04/2023) di Jalan Raya Kecamatan Siborongborong.

Setiap hari selasa, di Kecamatan Siborongborong merupakan hari pekan. Ini selalu terjadi kemacetan karena banyak nya pengunjung serta kesadaran pengemudi akan aturan lalu lintas masih kurang.

Pengemudi bisa parkir sembarangan di pinggir jalan, keluar masuk kendaraan ke terminal sesukanya sehingga kemacetan pun terjadi.

“Namun dengan pola dan strategi yang kita lakukan kemarin, alhasil arus balik kendaraan yang melintas pun berjalan lancar dan terkendali. Kita juga mengucapkan terimakasih dan menghimbau kepada seluruh masyarakat serta pengguna jalan, mari saling perduli satu sama lain taatlah dengan aturan lalu lintas,” katanya.

” Kelancaran arus lalu lintas di wilayah kita, akan menjadi cermin bagi kehidupan kita sehari-hari,” sebut Dahnial. (Tim/KTN)

Bagikan :