Dalam Rangka Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Tapanuli Utara Laksanakan Konsep Pentahelix

Bagikan :

Kliktodaynews.com – Tapanuli Utara||Apa itu Stunting? Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Dalam Hal percepatan penurunan stunting di kabupaten Tapanuli utara laksanakan sosialisasi lewat Konsep penta-helix atau multipihak dimana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk percepatan dan penurunan stunting di kabupaten Tapanuli Utara.

Pentahelix yang dilaksanakan oleh dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) kabupaten Tapanuli Utara di Sopo Partungkoan hari ini,Rabu (6/12/2023).
Dihadiri beberapa komunitas Organisasi Kepemudaan dan beberapa perwakilan pemuda dan pelajar.

Bupati Tapanuli Utara melalui Asisten 1 (Satu) PemKab Taput Bahal Simanjuntak ” acara ini bertujuan mengajak seluruh lapisan organisasi kepemudaan dan juga generasi milenial agar turut serta mensosialisasikan tentang stunting dan bagaimana upaya kita mempercepat penurunan stunting di Tapanul Utara’ terang Bahal. ” Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang mempunyai visi peningkatan kwalitas SDM akan mencapai target itu dan salah satu langkah adalah melalui upaya percepatan dan penurunan stunting guna menciptakan SDM yang berkwalitas kedepannya” tambah Bahal.

Ketua TP PKK (Satika Simamora) turut hadir pada acara Pentahelix Sosialisasi Pencegahan Stunting.Dalam sambutannya ketua TP PKK katakan ” Kita harus pahami dulu apa itu Pentahelix,artinya setelah tau konsep pentahelix kemudian kita harus tau juga kenapa harus konsep pentahelix kita terapkan dalam percepatan dan penurunan stunting, tujuannya adalah agar semua pihak dapat terlibat dalam hal penanganan dan cegah stunting lebih cepat.Bila kita bekerja sama baik antara pemerintah,swasta,akademisi,OKP terlebih Media dapat berkolaborasi kita pasti mampu lebih cepat menangani stunting di Kabupaten Tapanuli utara” papar Satika Simamora.

Kepala Dinas PPKBPPPA ( Donna Situmeang), ” masalah stunting adalah masalah yang betul betul prioritas kita laksanakan pencegahan dan penangannya,di Tapanuli utara kita juga gencar lakukan sosialisasi cegah stunting” ucap Donna.” Setiap Tahun kita terus menekan persentase jumlah angka stunting,Stunting di Tapanuli Utara tahun 2022 ada di angka 26% dan Pemkab menargetkan angka ini menurun di tahun 2024 jumlah stunting bisa diangka 14 % dan terus akan kita kebut hingga kita mencapai persentase ideal standart WHO seminimnya 5 %.Sejauh ini Tapanuli Utara sudah mendapat pengakuan dan penghargaan beberapa kali terkait kabupaten terbaik dalam pengelolaan dan pencegahan serta penurunan stunting.kita berharap dengan Kolaborasi dan upaya sosialisasi lewat Konsep Pentahelix dapat mempercepat penurunan di kabupaten Tapanuli Utara yang kita cintai”Tutup Donna.
(Douglas/ktn)

Bagikan :