Bawaslu Taput Laksanakan Sosialisasi Pembinaan dan Penguatan Bawaslu

Sosialisasi Pembinaan dan Penguatan Bawaslu di laksanakan di Hotel Hosea Sipoholon, Kamis, (08/02/2024)
Bagikan :

Kliktodaynews.com – Taput|| Kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Penguatan Bawaslu di laksanakan di Hotel Hosea Sipoholon, Kamis, (08/02/2024) pukul 09.00 wib

“Dalam kegiatan sosialisasi ini ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan, mungkin para peserta sosialisasi ini sudah ada yang mengetahui peran dari bawaslu dan ada yang belum mengetahui peran dari bawaslu, maka perlu kami sosialisasikan supaya seluruh masyarakat mengetahui peran bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu” ucap Kopman Pasaribu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara saat membuka kegiatan sosialisasi.

” Kami berharap masyarakat ikut berperan serta untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu, yang nantinya masyarakat dan Bawaslu bisa bersama sama mengawasi berjalannya seluruh tahapan Pemilu. Kami berharap apabila para peserta yang hadir dalam kegiatan ini menemukan pelanggaran pelanggaran Pemilu terjadi di daerah kita, mohon untuk melaporkan ke kami. Karna kami lembaga Bawaslu akan menindak setiap pelanggaran Pemilu yang tidak sesuai dengan ketentuan undang undang. Seperti moto kami sebagai pengawas pemilu Cegah, Awasi dan Tindak,” tambah Kopman.

Kami selalu sampaikan kepada seluruh jajaran kami ke bawah, bahwa sebagai penyelenggara pemilu, semenjak dia menghibahkan diri sebagai penyelenggara pemilu dia harus turut kepada setiap peraturan perundang undnagan yang ada. Maka dari itu apabila masyarakat ada yang melihat jajaran kami yang melakukan tupoksinya sebagai pengawas Pemilu tisak sesuai dengan perundang undangan mohon untuk melaporkan ke kami, kami akan menindak tegas jajaran kami yang melakukan tugas tisak sesuai dgn peraturan yang ada,” kata Kopman.

Kegiatan di lanjutkan dengan pemberian materi dari narasumber. Bawaslu taput mengundang Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara yang di wakili oleh Dicky J.H, SH ( Jaksa Fungsional pada Bidang Intelijen). Materi yang dipaparkan terkait peraturan terkait pelanggaran Pemilu. Setelah pemaparan selesai dan di lanjutkan tanya jawab dengan para peserta.

Acara sosialisasi di tutup Kopman Pasaribu
” Harapan kami setelah dilaksanakannya sosialisasi ini, Masyarakat akan mendukung Bawaslu dalam menjalankan Tupoksi sebagai Pengawas Pemilu. Dan kami berharap mayarakat tidak ada yang melakukan Money Politik, mari kita mentaati setiap peratiran yang ada. Apabila ada para peserta yang hadir saat ini melihat ada ASN, TNI, POLRI ada yang tidak netral, jangan pernah takut untuk melaporkannya kepada kami Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara ” tutup Kopman sekaligus menutup kegiatan.

Acara Sosialisasi Pembinaan Penguatan Bawaslu dihadiri dari unsur Masyarakat, Organisasi Kepemudaan dan Tokoh Masyarakat.
(Douglas/ktn)

Bagikan :