Aksi Unjuk Rasa di Kantor KPUD Taput Berhasil di Kendalikan Dalmas Polres Taput

Bagikan :

TAPANULI UTARA – Kesiapan polres Tapanuli Utara untuk mengendalikan aksi unjuk rasa dikabupaten Taput sudah teruji. Hal tersebut terlihat saat adanya aksi unjuk rasa secara tiba-tiba dikantor KPUD Taput, Sabtu (31/8/2024).

Uji coba kesiapan polri itu dilakukan dalam bentuk simulasi adanya aksi unjuk rasa secara tiba-tiba menyerang kantor KPUD Taput dan bagaimana polri bersiap mengendalikannya supaya tidak semakin anarkis.

Dalam simulasi itu massa sempat beringas namun pasukan dalmas mampu menghadang serta mengendalikan dengan cepat.

Kegitan itu dilakukan untuk melatih pasukan dalmas serta anggota polri lainnya dalam menghadapi unjuk rasa khususnya menjelang pemilkada serentak 2024 yang akan datang.

Kapolres Taput AKBP Ernis Sitinjak, S.H, S.I.K melalui kasi humas Aiptu W. Baringbing menjelaskan, itu merupakan program sispam kota ( Sistim pengamanan kota ) yang dilakukan masing-masing satuan polres secara nasional.

Sehingga dengan simulasi ini, polri mengetahui langkah-langkah yang akan dilakukan serta tehnik pengendalian yang terukur jika nantinya terjadi hal yang demikian.

Dengan uji coba yang dilakukan hari ini, segala kekurangan petugas yang terjadi dilapangan bisa diperbaiki sebelum hal yang sebenarnya terjadi.

Harapan kita kedepan, pemilukada secara serentak bisa berjalan dengan aman, damai dan kondusif tidak terjadi keributan apalagi unjuk rasa yang bersifat anarkis. (**/KTN)

Bagikan :