Wakil Presiden RI Serahkan  UHC Award Kepada Pj Bupati Tapteng

Bagikan :

Jakarta, Kliktodayanews.Com|| Kerja keras  Pj. Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, dalam membangun Kabupaten Tapanuli Tengah membuahkan hasil, hal itu terbukti dari banyaknya gebrakan yang telah dilakukan, salah satunya di bidang Kesehatan khususnya Perlindungan Kesehatan masyarakat Melalui BPJS Kesehatan, Pemkab Tapteng telah berhasil Melindungi Kesehatan Masyarakat Tapteng Capai Target UHC 96.99% per 1 Agustus 2024

Dengan melihat data masyarakat terlindung BPJS kesehatan per 1 Desember 2023, adalah 89,70% yaitu dengan cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan sejumlah 329.192 Jiwa, dari total Penduduk 366.982 Jiwa. Sehingga Pj. Bupati Tapanuli Tengah membuat Fakta Integritas untuk mencapai UHC BPJS Kesehatan 98% Pertanggal 28 Maret 2024, tapi ternyata ada Penonaktifan Peserta PBI Pusat sebesar 4.071 jiwa di bulan Maret, maka yang tercapai hanya sebesar 96,99 % saja.

Usaha dan komitmen yang dilakukan terbukti berhasil karena data Cakupan Kepesertaan BPJS Kesehatan per 1 Mei 2024, 96,59%, yaitu sejumlah 354.455 Jiwa dari total jumlah Penduduk 366.982 jiwa. Pencapaian itu juga mendapatkan Apresiasi dari Pemerintah Pusat, terbukti Dengan UHC 96,99 %, Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH mendapatkan Penghargaan UHC Award Kategori Pratama dari Kemenko PMK yang diserahkan langsung oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P dan dihadiri Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin di The Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta, pada Kamis (08/08/2024).

Acara yang dilaksanakan berupa Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC), kepada Pemerintah Daerah oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dengan Tema “Satu Dekade JKN-KIS untuk Negeri, sebagai wujud nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.”

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, seusai Penyerahan menyampaikan, Secara pribadi Saya mengucapkan syukur atas usaha gotong royong kita besama, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Stakeholder dalam mewujudkan Universal Health Coverage untuk Masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah 96,99%, dan Hari ini kita mendapatkan Penghargaan dari Bapak Wakil Presiden, “Ini artinya 96,99% masyarakat kita sudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dari JKN ini.”

Saya selalu berkomitmen untuk mewujudkan UHC hingga 98 % sampai akhir Tahun ini, sesuai dengan Peraturan Presiden. Target ini akan terus kita upayakan, karena Pemkab Tapteng telah susun Anggarannya di P-APBD Tahun 2024 ini, yang nantinya kita serahkan kepada DPRD Tapteng. Kita juga berusaha capaiannya melebihi 98% tapi minimallah sesuai yang ditargetkan Pemerintah Pusat.

Lanjut Pj Bupati Tapteng, “Pemkab Tapteng juga harus gotong royong dengan stakeholder untuk mewujudkan ini, baik itu melalui CSR, mengalokasikan anggaran dari dana desa, sehingga ini harus kita maksimalkan terus, karena kesehatan itu modal utama untuk meningkatkan sektor lainnya.”

Turut hadir Direktur Utama BPJS Kesehatan, Presiden International Social Security Association (ISSA), Gubernur, Walikota dan Bupati se- Indonesia yang menerima UHC Award, Plt. Kadis Kesehatan Tapteng, Kepala BPJS Kesehatan Sibolga. Kepala BPJS Kesehatan Pandan.(HP).

 

Bagikan :