Pj Bupati Tapteng : Semangat Gotong Royong Kucurkan Rp. 2.657.849.276 Membangun Rumah Rakyat

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta,
Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com.-Sebagai wujud kepedulian Pj. Bupati Tapanuli Tengah terhadap kondisi perumahan masyarakat yang kurang mampu di kabupaten Tapanuli Tengah, maka Pj. Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH meluncurkan Program TAPTENG MEMBARA (Tapanuli Tengah Membangun Rumah Rakyat), acara Peluncuran ini dilaksanakan di Desa Tapian Nauli I Kecamatan Tapian Nauli, pada Selasa (25/06/2024).

Program TAPTENG MEMBARA yang merupakan ide Pj. Bupati Tapanuli Tengah adalah Program yang berazaskan semangat Kepedulian dan Gotong Royong, dikarenakan Anggaran yang dipergunakan untuk program ini tidak bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Tengah tetapi bersumber dari Sumbangan, Donasi, Infak, serta bantuan lainnya berasal dari Pj. Bupati Tapanuli Tengah, ASN di Lingkungan Pemkab Tapanuli Tengah, Tunas Muda Adhyaksa Kejagung, Perbankan, Perusahaan serta Sumber lainnya.

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH dalam sambutannya, Kegiatan ini merupakan gagasan yang saya buat atas niat Gotong Royong dari kita bersama yang diawali adanya informasi atas Kondisi rumah warga di Desa Madani ambruk terkena Bencana, tetapi saat itu saya cek anggaran untuk Rehab Rumah tidak ada, maka saya mengajak kawan kawan PAPDESI Tapteng dan Kepala Desa untuk bergotong royong melakukan rehab rumah tersebut dan Berkembang saat sekarang ini.

Kegiatan ini saya niatkan untuk ibadah serta kepedulian terhadap kemanusiaan yang harus kita tingkatkan kedepannya, jangan ada yang mengkaitkan ini terhadap Politik karena saya tidak mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah. saya hanya ingin selama saya menjabat di Kabupaten Tapanuli Tengah ini ada Usaha Perubahan yang saya perbuat untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Tengah, makanya saya terus berkeliling di Jakarta dan Luar kota mengajukan Proposal bantuan untuk pembangunan Rumah yang Layak Huni untuk masyarakat dan Alhamdulillah mendapatkan hasil yang baik. Seperti hari ini turut hadir bersama kita Perwakilan dari Tunas Muda Adhyaksa dan Perwakilan Salim Grup yang akan melakukan survey untuk membuktikan Proposal yang kita berikan benar seperti keadaan dilapangan.

Diakhir sambutannya Pj Bupati Tapanuli Tengah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh donatur dan semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk membangun rumah rakyat di Tapanuli Tengah.

Sebelumnya Kadis Perkim Tapteng Winner Napitupulu, ST dalam laporannya bahwa hasil sementara yang dicapai atas upaya yang dilakukan oleh Bapak Pj. Bupati Tapanuli Tengah untuk mengumpulkan Donasi sebesar Rp. 2.657.849.276 dengan rincian sebagai berikut :

1. Bantuan dari Bapak Pj Bupati Tapanuli Tengah, Bapak DR. Sugeng Riyanta, SH, MH sebesar Rp. 34.000.000

2. Bantuan untuk Rehab RTLH dari Tunas Muda Adhyaksa Kejaksaan Agung RI sebesar Rp. 1 Milyar yang diperuntukkan bagi 40 unit rumah.

3. Bantuan CSR dari PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk, yaitu bantuan sumbangan berupa material bahan bangunan sebesar Rp. 540.000.000 untuk Rehab 27 unit RTLH.

Adapun bantuan diserahkan melalui 2 (dua) tahap pencairan yaitu:

Tahap I untuk 14 Unit sebesar Rp. 280.000.000 (material sudah di serahkan) dan Tahap II untuk 13 unit akan diserahkan setelah pelaksanaan rehab RTLH tahap I selesai dikerjakan.

Progress pembangunan rehab RTLH tahap I untuk 14 unit rumah sedang berjalan dan pada minggu depan direncanakan selesai dikerjakan.

4. Bantuan CSR dari Perusahaan Sinar Mas Grup sebesar Rp. 200.000.000 untuk Rehab 10 unit RTLH (masih dalam tahap proses pencairan).

5. Bantuan CSR dari PT. Bank Sumut sebesar Rp. 317.399.276 untuk rehab 12 Unit RTLH (masih dalam tahap proses pencairan).

6. Bantuan dari Kepala Desa Se-Kabupaten Tapanilo Tengah melalui PAPDESI Kabupaten Tapanuli Tengah sebesar Rp. 304.600.000.

7. Bantuan Donatur Pemkab Tapanuli Tengah sebesar Rp. 70.000.000

8. Bantuan dari Pihak ketiga yang tidak mengikat: Rp. 191.850.000.

Pada acara ini juga Pj. Bupati Tapanuli Tengah bersama Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II menandatangani MoU antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II dalam hal Perencanaan kualitas RTLH melalui program klinik rumah swadaya. Dan juga dilakukan penyematan Ulos oleh Pj. Bupati Tapteng dan DPC PAPDESI Tapteng terhadap Perwakilan Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI dan Perwakilan Salim Grup.

Turut Hadir Perwakilan Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI Ade Sofyan, Mewakili Salim Grup Helmi, Mewakili Danrem 023 KS, Perwakilan Forkopimda Tapteng, Kepala Kajari Sibolga, Kakan Kemenag Tapteng, Kacab Bank Sumut Pandan, Perwakilan Bank BTN, OPD Tapteng, Pengurus DPC PAPDESI Kabupaten Tapteng dan Seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat Tapian Nauli, para Masyarakat Penerima Bantuan Rehab RTLH.(HP).

Bagikan :