Pemdes Mela II Salurkan Ternak Babi, Ayam dan Bibit Cabe Kepada Warga

Keterangan fhoto : Camat Tapian Nauli Harrys PT Sihombing saksikan Kades Mela II, Jhonny Simanjuntak berikan ternak ayam kepada warganya.
Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com||  Demi tercapainya ketahanan pangan di Desa Mela II, Kecamatan Tapian Nauli kabupaten Tapanuli tengah, Pemerintah Desa Mela II salurkan ternak Babi, Ayam dan bibit Cabe, pada Senin (6/5/2024) di depan kediaman Kepala Desa Mela II.

Camat Tapian Nauli, Harrys Pandapotan Tua Sihombing, S.Sos. MM, sebelum penyerahan ternak ayam menyampaikan ucapan selamat kepada Kades mela II atas adanya pertambahan jabatan kades 2 tahun lagi hingga 2026.

“Kita bekerja untuk melayani masyarakat, untuk kedua kali ini, saya ada disini untuk penyerahan ternak, kita berharap ini akan menjadi sukses.Perlu diketahui bahwa wewenang Camat itu adalah untuk pengawasan program ini, percayalah.Jika kita berbuat baik pasti hasilnya juga akan baik,” jelas Camat Tapian Nauli.

HPT Sihombing juga berharap dalam menghadapi pilkada ini, masyarakat, khususnya di Mela II agar menghadapi Pilkada ini jangan mau terkotak kotak, karena dalam Pilkada, siapapun pemimpinnya, itu adalah dari pilihan masyarakat.

“Oleh karena itu, mari sama-sama kita jaga kekeluargaan, keamanan dan kekondusifan di kampung kita ini,” Jelas Camat Tapian Nauli.

Kades mela II, Jhonny Simanjuntak dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pada hari ini akan dibagikan ternak ayam untuk 145 Kepala Kekuarga di Desa Mela II.

“Masing-masing kepala keluarga tersebut akan diberikan 5 ekor ayam ternak. Kalau ada tahun lalu yang belum mendapat, mohon maaf, hari ini akan kita berikan,” terang Kades.

Sementara itu, Ketua BPD (Badan Perwakilan Desa) Mela II, Yazid Nasution merasa bersyukur dengan terwujud program ketahanan pangan sesuai dengan rapat desa.

“Kami juga berharap semua bisa berjalan baik. Mudah mudahan program ini bisa berjalan sukses dan baik,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Desa Mela II, bersama pendamping, Juliana Pasaribu dan Gusraini Siregar kepada wartawan menyampaikan, dari keseluruhan Nilai dana desa ta. 2024 untuk desa mela II Rp 1.162.870.000 – ada beberapa program yang akan direalisasikan.

” Pertama program Ketahanan pangan, yang terdiri atas, penyediaan ternak babi sebanyak 88 ekor, dan yang sudah tersalur 56 ekor yang diserahkan kepada warga, 28 Maret 2024, kemudian pengadaan Bibit cabe sebanyak 250 batang, dan hari ini penyerahan ternak ayam kampung sebanyak 725 ekor untuk 145 kepala keluarga yang masing masing KK mendapat 5 ekor,” jelas kades Mela II.

Lanjut kades Mela II, Selain program ketahanan pangan, juga ada program pengentasan kemiskinan yaitu Penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai yan diserahkan kepada warga tiap 3 bulan selama 1 tahun, dan yang sudah disalurkan adalah tahap pertama.

“Kemudian program Pembangunan peningkatan transportasi masyarakat.(FISIK), yakni pembangunan rabbat beton sepanjang 299 meter di dusun II Kabel, Desa Mela II, dan pekerjaan tersebut masih dalam pekerjaan. Kemudian pembangunan saluran drainase sepanjang 36 meter, direncanakan akan mulai dikerjakan pada pencairan tahap II Dana Desa,” Jelas Jhonny Simanjuntak.

Lanjut Dia, untuk program lainnya peningkatan kapasitas masyarakat (intensif, honor, kader) diantaranya pencegahan stanting dengan pemberian makanan tambahan dan susu bagi balita dan ibu hamil kemudian pemberian makanan tambahan dan susu untuk lansia, kemudian Intensif honor kader sekolah minggu, guru mengaji, guru Paud, dan pemberdayaan masyarakat serta pelatihan pelatihan aparat desa.

“Ini semua berasal dari dana desa tahun 2024, dimana saat ini sudah ada Program yang sudah berjalan dan yang belum,”jelas kepala Desa.(HP).

 

Bagikan :