Pemdes Aloban, Laksanakan Pembagunan Fisik Irigasi dan Tembok Penahan Tanah

Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com|| Pemerintah Desa (Pemdes) Aloban, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) laksanakan pembangunan proyek irigasi sepanjang 220 meter dan rehab tembok penahan tanah sepanjang 40 meter di Dusun I Desa Aloban bersumber dari APBDes Aloban Tahun anggaran 2024.

Kepala Desa Aloban, Marulitua Hutagalung, kepada awak media pada Senin, (22/7/2024) kemarin menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakannya pembangunan irigasi dan tembok penahan tanah ini adalah untuk meningkatkan mutu lahan masyarakat terutama dalam mengurangi tingkat kekeringan persawahan masyarakat yang mendukung peningkatan Aktivitas Ekonomi Warga, terutama para petani yang berada di dusun I sesuai hasil musyawarah Desa (Mudes).

“Pembangunan irigasi dan tembok penahan tanah ini dilakukan berdasarkan musyawarah Desa, dan dilaksanakan secara swakelola masyarakat desa. Karena di dusun I ini, para petani yang mengandalkan penanaman Padi cukup kesulitan akibat saluran air yang mengairi sawahnya terganggu akibatkan saluran air dan tembok penahan tanah yang tidak baik. Dan ini sudah kita perbaiki,” jelas Kades.

Kata ianya, pembangunan itu sangat disetujui warga dan kini telah terwujud, karena sudah lama masyarakat mengharapkan pembangunan irigasi dan tembok penahan tanah dan baru tahun ini dapat kami realisasikan berdasarkan musyawarah desa (Mudes).

“Pemerintah Desa Aloban berharap agar pembangunan saluran irigasi dan tembok penahan tanah yang telah selesai dikerjakan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh warga dengan sebaik baiknya. Kita juga berharap agar irigasi dan tembok penahan tanah ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik terutama dalam hal peningkatan ekonomi para warga petani,” Jelas Marulitua Hutagalung.

Marulitua juga menyampaikan, selain pembangunan fisik, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan makanan nutrisi tambahan untuk balita, ibu hamil, dan Lansia, berupa makanan tambahan Susu, Roti, Telor dan bubur kacang hijau.

“Kita juga telah bagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), harapan Kita bantuan makanan tambahan itu dapat di konsumsi dan dipergunakan dengan baik, serta diharapkan BLT itu dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban bagi keluarga penerima, bahkan selain penyaluran BLT, Untuk meningkatkan ketahanan pangan warga, APBDes Aloban Tahun anggaran 2024 juga memprogramkan pengadaan pupuk dan bibit ayam kampung,”tandasnya.(HP).

 

Bagikan :